Selasa, 19 Agustus 2008

MUKJIZAT KEDOKTERAN NABI

Berobat dengan Rempah dan Buah-buahan

1. Madu Lebah

Dalam tahun-tahun terakhir telah dilakukan banyak riset dan penelitian ilmiah untuk memastikan dan membuktikan energi dan kemampuan madu lebah dalam menyembuhkan banyak jenis penyakit. Pada tahun 1988 telah beredar di majalah bedah inggris, sebuah studi tentang penggunaan madu pada luka-luka dan bisul atau borok, yang tidak mempan disembuhkan oleh antibiotik, namun dapat disembuhkan dengan madu murni.

Pada bulan November,tahun 1992, para peneliti Australia telah melakukan riset dan disebarkan bahwa mereka menggunakan madu untuk menyembuhkan 15 pasien, melakukan operasi ringan luka-luka. Dan mereka menemukan bahwa madu sangat efektif, tidak membebani, dan ia tidak memerlukan penjahitan ulang atas luka-luka pasien. Pada tahun 1993 Dr. Efan melakukan riset, ia mengobati 20 orang pasien, dengan memberikan kumuran madu selain memberikan antibiotik melalui mulut. Ia melakukan cara ini sebagai cara yang lebih unggul dari pengobatan tradisional.

Banyak sekali studi yang menyatakan bahwa madu alamiah memberikan pengaruh yang efektif untuk menghentikan pertumbuhan hampir semua bakteri atau kuman dan jamur yang disebabkan oleh radang luka. Dan madu dipandang sebagai pengobatan ideal untuk membalut perban luka yang bernanah setelah menjalani proses operasi.

Tidak diragukan lagi sebaik-baik jenis madu adalah madu madu alami, bukan produksi pabrik atau yang dicampur dengan campuran bahan-bahan lain. Madu memiliki manfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit, sebagaimana telah dikemukakan pada buku penulis yang lain berjudul “ al-Thib al-Badil wiqatan wa syifaa “ (Pengobatan Alternatif ; Pencegahan dan Penyembuhan).

Riset dan penelitian yang dilakukan secara terus-menerus di seluruh penjuru dunia telah menemukan sebagaian dari manfaat madu.


2. Habbat Al-Saudaa ( Jintan Hitam)

Dunia barat telah menginformasikan kepada kita, bahwa menggunakan habbat al-Saudaa sebagai bahan alami berguna untuk mewangikan mulut atau menghilangkan bau mulut, yang biasa diletakkan pada bagian atas roti, dan beberapa makanan adonan seperti pizza, juga pada beberapa produksi susu , seperti keju.
Manusia masa lampau mengatakan bahwa habbat al-Saudaa dapat menyembuhkan banyak jenis penyakit, antara lain; rambut rontok, sakit kepala (migran) , insomnia (susah tidur), batuk , asma, saluran kencing, berguna untuk pengobatan tekanan darah tinggi, sakit punggung, rematik, lemah syahwat, penyakit mata. Studi lain membuktikan bahwa habbat al-Saudaa sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan pengobatan untuk menhentikan pertumbuhan basil atau kuman-kuman berbahaya pada tubuh, juga memiliki manfaat yang efektif dalam farmakologi (ilmu obat-obatan).


3. Buah Kurma

Kurma memiliki bermacam-macam manfaat besar secara medis, yaitu sebagai berikut.
- Membantu persendian rahim dan menguatkan tubuh pada saat
Melahirkan
- Menjadi sumber energi, karena mengandung gula yang berkadar tinggi
- Membantu menyembuhkan penyakit kabur penglihatan pada malam hari, karena mengandung vitamin A.
- Membantu menenangkan keguncangan dan kegelisahan.
- Membantu menguatkan persendian, karena mengandung vitamin B.
- Membantu merangsang nafsu makan.
- Berguna untuk pengobatan anemia, karena mengandung zat besi yang berkadar tinggi.
- Karenanya, kurma juga disebut sebagai “ pohon kehidupan“ yang persentase jumlah pohon kurma di dunia mencapai 105 juta pohon, diantaranya terdapat di negara-negara Arab saja sebanyak 62 juta pohon, dan usia pohon kurma mencapai hingga 105 tahun.
- Penelitian modern menegaskan pentingnya kurma dan manfaatnya bagi kesehatan, dan para ahli makanan mengatakan bahwa kurma adalah makanan bergizi, obat menyehatkan, dan menyembuhkan.
Manfaat kurma yang lain adalah :
- Tidak membawa bakteri dan kuman, bahkan serangga yang terdapat
Di dalam kurma tua ditelan amuba (binatang bersel satu yang sangat kecil), dan menghancurkan bakteri yang menimpa manusia.
- biji-biji serbuk kurma menyembuhkan kemandulan wanita.
- Mengonsumsi 7 buah kurma sehari tidak di hampiri jin.
- Tahukah anda bahwa serat kurma mencegah penyakit kulit bagi manusia.
- Air kurma yang dimasak dan diminum seperti halnya the membebaskan orang dari kesedihan hati.
- Percayakah anda bahwa kurma Madinah Al-Munawwarah adalah kurma terbaik di dunia, dan bahwa jenis kurma Madinah mencapai hingga 60 macam.
- Kurma sangat kaya dengan kalori. Satu buah kurma cukup untuk menjaga daya tahan dan vitalitas untuk bekerja dalam sehari.
- Dengan memakan kurma, prajurit perang memiliki keberanian, terutama bagi mereka yang mengalami kelenjar di atas ginjal (suprarenal)
- Terdapat jenis kurma yang mati dengan meninggalnya pemiliknya.
- Kurma mengobati kekurangan darah karena mengandung unsure besi dan protein-protein ringan, memudahkan pencernaan, dan memudahkan vitamin A, B, dan C, biotin dan ripoplatin, dan sebagainya.
- Kurma membantu dan menguatkan kontraksi rahim saat melahirkan karena mengandung hormone vitocin, yang memiliki keistimewaan pengaturan rasa sakit kontraksi saat melahirkan.
- Kurma memiliki antibiotic untuk mencegah radang dan anti rematik.
- Tahukah anda, bahwa kurma menjaga usus keras pad kanker dan mencegah sembelit.
- Percayakah anda,bahwa kurma merangsang nafsu makan, juga menjadi obat bagi orang kurus, karena mengandung unsur pemabukan, serta memudahkan pencernaan, juga dapat menahan lapar pada saat puasa.
- Kurma mengatasi gelora saraf yang muncul akibat kelenjar gondok, dan menenangkan kobaran saraf.
- Kurma biasa disebut dengan istilah “pembeku”, karena mengandung unsur-unsur tembaga, seperti fosfor, kalsium , magnesium, besi, sodium, sulfat (garam asam belerang), dan khlor (kalorine ; cairan berminyak tanpa warna).
- Memelihara mata dari airnya, menajamkan pandangan mata, terutama pada malam hari.
- Kurma juga meringankan tekanan darah pada saat hamil.
- Memakan kurma sebelum sarapan pagi membunuh ulat / kuman .
- Dan, kurma juga memiliki efek yang baik untuk membinasakan sisa-sisa racun yang di akibatkan oleh asimilasi (proses pencernaan makanan) didalam tubuh.

Akhirnya kita akhiri bahasan mengenai kurma ini, dengan mengutip perkataan Ibu Al-Qayyim;
“bahwa kurma menguatkan hati, memperhalus pencernaan, menambah kekuatan berjima’ (stamina) –khususnya jika dicampur dengan pohon cemara-, meredam kekasaran tenggorokan. Buah kurma sangat bergizi bagi tubuh, dan mengonsumsi sebelum sarapan pagi dapat membunuh kuman atau ulat, dan bahwa kurma adalah buah, makanan gizi, minuman , dan makanan ringan.”


4. Manna dan Salwa

“Al-Manna” adalah materi (bahan) getah manis kental seperti madu yang dikeluarkan dari lebah, bertumpuk di pohon sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, lalu kering dan berubah menjadi benda putih seperti tepung atau kertas putih halus yang terpencar pada jenis sebangsa batang pohon, dan dapat langsung dimakan atau dilarutkan ke dalam air lalu di minum dan rasanya sangat manis, penuh kualitas gizi yang tinggi, karena kaya dengan kandungan gula anggur (glukosa) dan gula buah (farkutoza). Di samping itu Al-Manna mengandung gula khusus yang disebut dengan gula Al-Manna (Manuz), dan mengandung karbon hidrat. Karena itulah Al-Manna adalah makanan yang baik bagi manusia, sebagaimana dapat digunakan untuk kepentingan medis dan pengobatan. Kecuali benjolan kebutaan dari jamur akar yang tumbuh di bawah tanah berbentuk bulat mirip dengan bulatnya tangan, lembek, yang secara bertahap warnanya berubah dari putih menjadi hitam. Telah diketahui 17 jenis asam dari asam-asam amino yang penting dalam protein cengawan dan sejumlah vitamin, terutama vitamin A. ada kemungkinan penyifatan nabi bahwa pengobatan kebutaan dari Al Mann adalah karunia Allah, karena tanaman ini tidak di tanam dan tidak perlu ditanam, tidak memerlukan penyiraman, pemeliharaan, maupun perawatan. Yang menakjubkan bahwa jenis cendawa ini ekperimen modern oleh Dokter Al-Mu’taz Al-Marzuki, sebagaimana dikatakan oleh Zaglul An-Najjar yang membuktikan kebenaran hadist nabi bahwa Al-Mann adalah obat penawar mata. Telah ditemukan bahwa air Al-Mann mencegah terjadinya Fibrosis ( penambahan jumlah jaringan serabut secara tidak normal pada organ tubuh, mata ) bagi penderita jenis trachoma yang dapat mengakibatkan kebutaan yang di sebut fibrosis kornea mata. Terlepas dari baik yang dimaksud kata “Al-Mann yang mengandung zat putih gula dan rasanya manis yang dikenal dengan nama Mann Al-Samaa ( Mann langit ) ataukah yang dimaksud adalah dengan sebutan semacam “ cendawan “ atau yang menyerupai dari karunia Allah yang diberikan kepada hambanyadan dapat diperoleh tanpa susah payah atau kesulitan kecuali mengumpulkannya, maka semua itu menunjukkan kemukjizatan Allah yang maha kuasa diturunkan kepada Bani Israel.
Adapun “al-Salwa” adalah burung yang sudah popular dengan nama al-Samman (burung quil; puyuh), yang merupakan salah satu jenis burung yang menjadi sasaran berburu, hewan buruan yang sebagian dapat dijinakkan seperti ayam, itik, dan ayam kalkun.
Al-Salwa adalah burung berpindah-pindah yang bergerak dimusim tertentu di musim yang luas. Allah telah mengatur perpindahan sebagian kelompok burung yang melewati kaum nabi musa, yang tinggal ditanah liar, seperti di jazirah Sinai (di Mesir) yang di jadikan sebagai lahan berburu dan memakannya.
Pengabungan antara Al-Mann dan Al-Salwaa adalah pengabungan antara karbohidrat nabati yang dikandung Al-Mann, dan protein hewan yang dikandung Al-Salwaa.keduanya memproduksi energi dan membangun sel-sel dalam tubuh manusia. Protein yang dikandung adalah protein yang lebih unggul dari protein tumbuhan sayuran, kacang-kacangan, dan jamur yang diminta oleh kaum nabi Musa.


5. Susu

Air susu merupakan salah satu makanan penting bagi manusia. Air susu dikonsumsi bayi pada saat lahir. Maka itu, air susu ibu (ASI) sangat penting untuk menyusui hingga selesai masa penyusuannya. ASI sangat penting karena menyediakan bagi bayi semua kebutuhan makanannya sejak awal masa pertumbuhannya.
Dan hampir mustahil menemukan gizi makanan yang menyerupai ASI dengan keistimewaannya dan sifat-sifatnya yang sempurna, yang mengandung unsur-unsur berbagai makanan. Bahkan , semua hewan menyusui (mamalia) sangat bergantung pada ASI pada masa awal pertumbuhannya.
Air susu mengandung vitamin A, B, A dan D, kalsium, sodium, potassium, dan magnesium. Disamping itu, air susu juga mengandung protein dan lemak. Ukiran peninggalan di tempat-tempat berhala zaman lampau mengisyaratkan bahwa air susu hewan di gunakan sebagai makanan manusia sejak sekitar 7000 tahun atau bahkan lebih.
Air susu perah dan semacamnya dari jenis susu produksi pabrik adalah sebaik-baik sumber kalsium. Kalsium dan fosfor adalah dua unsur untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Jika kekurangan salah satu dari keduanya, ia akan kehilangan porsi besar pada bagian lainnya. Karena komposisi makanan tanpa airsusu, bisa jadi kaya dengan fosfor dan miskin kalsium, dan kekurangan semacam ini menyebabkan keluarnya fosfor bersama air kencing . Disamping itu, air susu berperan untuk kesehatan tulang, gigi, produksi energi, dan membantu semua pengeluaran dan campuran tubuh.
Hewan akan lebih cepat mati tanpa fosfor, dari pada kekurangan unsure mineral lainnya. Kecuali bahwa vitamin D adalah hal penting lain yang menyempurnakan asimilasi kalsium dan fosfor. Karenanya, ia memasuki darah dan menyerap ke tulang dan gigi, khususnya bagi anak-anak.
Pada air susu terdapat satu jenis karbohidrat yaitu laktoz atau kandungan gula susu, dimana tidak terdapat pada bahan alami lainnya. Laktoz efektif terhadap bakteri asam laktik. Efek laktoz mengubah bakteri asam laktik menjadi asam laktik, guna perubahan dari air susu menjadi susu zabady (yogurt) atau susu masam kental. Keduanya memiliki nilai gizi yang sama dengan susu perah, disamping untuk membasmi bakteri asam laktik.
Penelitian modern menemukan bagian-bagian dan peran vital yang dapat diperankan oleh mikroba yang baik bagi kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan manusia. Perhatian terhadap jenis mikroba ini telah berlangsung lama guna menciptakan materi penting dalam kehidupan kita sebagai makanan dan obat, asam-asam amino, zat protein dan lemak-lemak, dan sejumlah jenis keju aneka warna dan rasa.
Kini banyak dokter mengutamakan konsumsi susu zabady (yogurt) dan susu masam kental, dari pada mengonsumsi susu (perah) alami, mengingat nilai gizi yang tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit alat-alat pencernaan serta menenangkan saraf dan menghilangkan penyakit insomnia dan sakit perut dari tubuh manusia dan pembusukan (keracunan) usus.
Kini sedang dilakukan studi mengenai efek susu terhadap perkembangan sel-sel kanker pada alat-alat pencernaan. Percobaan ini membawa kegembiraan untuk kesehatan jika Allah menghendaki sebagaimana percobaan ini juga mengindikasikan bahwa mengonsumsi susu zabady (yogurt), baik bagi orang sehat ataupun orang sakit dan anak-anak sangat bermanfaat untuk pengobatan dan sebagai makanan yang unggul, disamping khasiatnya untuk menambah perlawanan manusia terhadap wabah, penyakit, dan cacat.
Departemen-departemen ilmiah telah melakukan eksperimen komprehensif untuk mempelajari pengaruh susu, khususnya jenis susu yogurt yang dikonsumsi setiap hari, dan memperlambat masa tua.
Berdasarkan hasil-hasil temuan penelitian, menetapkan bahwa anak kecil dan anak usia baligh sangat membutuhkan unsur kalsium yang terdapat pada susu.untuk kesehatan dan pertumbuhannya.

a. 400-500 mg untuk usia bayi hingga usia 9 tahun, setiap hari.
b. 600-700 mg untuk usia baligh, 15-20 tahun, setiap hari.
c. 500-600 mg untuk usia baligh, 16-19 tahun, setiap hari.
d. Adapun usia dewasa, dikarenakan kebutuhan pertumbuhan telah
berakhir maka ditetapkan pada 400-5000 mg dalam sehari.
e. untuk wanita hamil ditetapkan antara 600-700 mg per hari. Jika
digabung dengan kebutuhan janinnya, ia ditetapkan mengonsumsi
antara 1000-1200 mg per hari, persis seperti kadar kebutuhan ibu yang
menyusui anak dalam sehari.


6. Anggur

Bangsa arab kuno mengatakan bahwa banyak sekali manfaat medis pada buah anggur dan buah-buah lainnya. Mereka banyak mengambil manfaat sebagai makanan dan obat.
Di antara perkataan bangsa arab kuno adalah bahwa “Anggur memperlancar perut, berguna bagi usus, baik untuk orang sakit, untuk vitalitas seks, baik untuk tubuh , memproduksi darah baru, berguna untuk dada dan paru-paru, merupakan buah berkualitas, berminyak, memperbaiki ginjal yang busuk, membersihkan darah, mengimbangi temperamen, melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan, berguna untuk penyakit saraf, radang, paru-paru, dan sembelit”.
• Daun-daun anggur yang dimasak sampai mendidih seperti minuman teh memiliki keistimewaan untuk penyaluran air kencing, dan bahkan membersihkan pada kondisi disentri, mencret, dan penyumbatan air kencing, dan penyakit kuning. Juga meringankan kadar asam urik, mengawasi fungsi hati yang dapat mengakibatkan diuresis (melimpahkan air kencing). Anggur juga membantu penyimpanan zat-zat ozot dan lemak sehingga melawan keletihan badan secara umum.
• Dokter Yunani Deskoredes, meyakinkan bahwa anggur menyembuhkan dari demam panas, pendarahan pada dada, disentri, dan penyakit hati. Sebagaimana buah kismis yang dikeringkan di bawah matahari digunakan untuk memperlunak penyakit dada dan peyakit paru-paru, hati ginjal dan urinary bladder (kandung kemih). Adapun daunnya anggur digunakan sebagai anti penyakit kulit dan menghentikan pendarahan pada wanita.
• Anggur dalam medis modern telah diteliti dan ditemukan bahwa anggur mengandung potassium, mangan, kalsium, magnesium, sodium, besi, khlor, fosfor, dan yodium dalam kadar tinggi. Anggur kaya dengan vitamin A, B, dan C. juga mengandung 1 kilo dari 120-150 gram gula murni, kadarnya bertambah 15 % ketika anggur semakin masak. Unsure lain yang dikandung adalah seperti ASI yang berfungsi sebagai makanan efektif, sudah mencukupi hanya dengan mengonsumsinya dalam bulan-bulan pertama dari kehidupan bayi. Dengan demikian, anggur dipandang buah-buahan yang sempurna dan kaya dengan bahan-bahan gizi.
• Para dokter natural menasihatkan untuk mengonsumsi 200 gram anggur setiap sebelum sarapan pagi atau 5 jam setelah sarapan pada musim anggur. Keistimewaannya akan memelihara tubuh dari berbagai tubuh dari berbagai kekurangan dan cacat. Adapun cara melakukan pengobatan dengan menggunakan anggur adalah dengan sebisa mungkin penderita mengonsumsinya sebelum sarapan, lalu berjemur dibawah matahari, menghirup udara bersih, melakukan latihan olahraga, berjalan kaki, dan berwisata. Pada setiap kali merasakan lapar, makanlah beberapa anggur. Pola penyembuhan ini dilakukan hingga beberapa minggu sampai kembali kuat dan sembuh.
Dokter kelas dunia John Faelni, tokoh dokter natural mewasiatkan beberapa hal berikut terkait dengan pemanfaatan anggur :
• Meminum sari anggur antara 700-1400 gram untuk pengobatan beberapa
penyakit berikut ini ; diuresis, membersihkan usus, membasmi asam folic,
membantu pengeluaran empedu, menghancurkan pasir-pasir, membasmi,
penyakit persendian, sembelit, keracunan, ambeien, dan beberapa kondisi
TBC.
• Untuk menghancurkan racun, minumlah 3 gelas sari anggur setiap hari setelah makan berjangka lama.
• Anggur matang untuk memperlancar dan pembersih.
• Sari anggur yang tidak matang dapat bermanfaat untuk kondisi; sesak dada, kemerahan kulit, dan pengeluaran darah.
• Air yang mengalir pada pohon (daun) anggur di musim semi di ambil satu sendok kopi di pagi hari penangkal batu kemih dan pasir-pasir kemih serta empedu.
• Kismis mengandung keistimewaan anggur segar.
• Angur dapat pula digunakan untuk bagian luar tubuh;
- mencuci muka dengan sari (jus) anggur; lalu membiarkan selama 10 menit, kemudian mencucinya dengan air hangat dengan menambah sedikit karbonat soda
- di buat dari air pohon anggur sebagai obat luka yang menyembuhkan, juga digunakan setetes airnya sebagai anti merah mata.
Minyak biji anggur telah popular di beberapa wilayah. Semoga penelitian tentangnya dapat membuahkan hasil agung bagi manusia. Baik untuk makanan maupun pengobatan. Oleh karena itu, makanlah anggur maka anda akan sehat dari panyakit.

7. Delima

• Rosullah menyifati delima sebagai memperkuat detakan hati,mengusir cacing pita,berguna untuk disentri,lemah usus,dan membasmi tumor pada selaput lender (mubosa) jika diteteskan pada hidung ditambah madu.Jika airnya (sari) diminum dengan air dan gula atau madu akan menimbulkan mencret ringan yang berfungsi membersihkan saluran pernafasan dan dada,membersihkan darah,menghilangkan sisa-sisa kasar pada,dan bebas dari kesulitan usus,terutama setelah mengosumsi lemak.
• Ibnu sina berkata, bahwa kulit delima berguna untuk mengusir serangga. Begitu pula uap tulang keras delima. Perlu diketahui bahwa sebagian burung darat, pada sarangnya tersimpan kayu keras delima sehingga hama pengganggu tidak dapat mendekatinya.
• Memasak kulit delima dengan mendidih dapat berguna pastanya dan menumbuknya dengan pohon pacar (inai), lalu dibalurkan pada rambut perempuan maka rambutnya akan cenderung hitam, lebih kuat, dan lebih mengilau. Memasak kulit delima berkadar 50:60 gram dalam satu liter selama 4 jam, dan meminumnya satu gelas dipagi hari akan menghancurkan cacing pita.
• Kulit delima dapat dimanfaatkan untuk menyamak (dibagh) kulit guna menguatkan warna samakan.


8. Zaitun

• Para dokter zaman dahulu memuji zaitun, baik minyaknya, daunnya maupun bagian-bagian lainnya. Di antara perkataan mereka, “zaitun sangat baik untuk merangsang nafsu makan, menguatkan usus, membuka penyempitan, memperbaiki warna kulit, cocok untuk tubuh yang lemah, namun berlebihan mengonsumsi zaitun menimbulkan kehitaman pada tubuh, yang mungkin menimbulkan kudis dan kulit bintil-bintil gatal. “mereka juga menyifati zaitun sebagai anti penyakit hati, dan zaitun matang sangat baik untuk penyakit hati.
• Daun zaitun jika dikunyah dapat menghilangkan kerusakan pada gusi dan tumor tenggorokan. Jika air zaitun atau sarinya dibalut atau ditempelkan pada tubuh akan mencegah kemerahan, kesemutan, bisul, tumor, dan penutup luka. Dan jika daun zaitun dan sisi-sisi halusnya ditumbuk, lalu meletakkan pada otot tumit bagian belakang dengan empat jari, akan bermanfaat menyembuhkan sakit encok pada pangkal paha.
• Jika daun zaitun dimasak dengan air sampai lunak dan usang maka dapat menghilangkan sakit persendian dan encok. Dan air zaitun jika diserapkan ke dalam tubuh (suntikan) akan menghilangkan luka perut dan usus. Jika semua bagian-bagian zaitun dimasak dengan air tanaman bakung (aloe) dan air bawang bakung (bawang perai) sampai menyatu, ia dapat menjadi obat mujarab untuk penyakit-penyakit pada bagian belakang (pantat), terutama untuk (melonggarkan) saluran pembuangan air. Abu-abu (kecoklatan) pada daun zaitun jika dicampur dengan air kurma dan madu dapat mengobati penyakit kulit dan bintik-bintik hitam.
• Jika daun zaitun dikunyah dapat memulihkan ingatan dan dibalutkan pada luka, memperbaiki gigi yang erosi, menghentikan batuk ringan. Uap partikel zaitun mengobati penyakit asma (bengek), batuk kronis (yang bertahun-tahun), inti partikel zaitun jika dibalutkan pada kuku-kuku kusta maka akan menjadi kuat. Apapun bagian dari zaitun jika dimasak dan di oleskan maka dapat menyembuhkan sakit kepala kronis (yang bertahun-tahun), migrant, dan penyakit mabuk (fertigo).
• Penelitian modern mengindikasikan pentingnya minyak zaitun untuk mencegah dari sejumlah penyakit modern, seperti mengerasnya pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kanker payudara, dan kanker rahim. Menurut para ilmuwan, semua ini karena minyak zaitunyang mengandung anti-oksidasi yang berkerja untuk menjaga tubuh dari sisa-sisa makanan melalui proses metabolisme atau pertukaran zat dalam tubuh. Yaitu lebih dikenal dengan sebutan Jaziiaat al-Hurrat (molekul bebas) yang berperan besar dalam menghancurkan sel-sel tubuh dan memerangi penyakit yang kini disebut penyakit modern.
• Minyak dan buah zaitun dapat menjadi resep makanan bergizi, bersifat melancarkan dan memudahkan air empedu, menghacurkan batu kemih, dan berguna untuk penyakit gula.Caranya, mengomsumsi satu hingga dua sendok minyak setiap pagi satu kali, dan satu kali di malam hari sebelum tidur, dan dapat juga menambah dengan jus jeruk tipis.
• Untuk menjaga kulit wajah dan kulit tubuh, seperti bisul, borok, dan jerawat. Yaitu dengan cara meletakan pada bagian-bagian penyakit tersebut dari bahan-bahan zaitun yang matang dan ditumbuk halus.Sedangkan untuk mengobati kekurangan darah dan sejenis penyakit tulang (rachitis) yang biasa diderita anak, adalah dengan cara menggosokkan pada badan dengan cara menggosok pada badan dengan minyak zaitun.
• Sedangkan untuk mengobati penyakit radang saraf, pembengkokan persendian, yaitu dengan cara menggosokan ujung bawang putih yang telah dikuliti yang ditambah dengan 200 gram minyak zaitun; obat ini berguna untuk dua sampai tiga hari, lalu menggosokan pada bagian-bagian yang sakit, selama beberapa kali.
• Untuk mengobati rambut rontok, dengan cara menggosokan pada kulit kepada dengan minyak zaitun di malam hari, selama sepuluh hari, lalu kepalanya ditutup semalaman, kemudian mencucinya di waktu pagi. Sedangkan untuk mengobati penyakit tulang (encok), dengan cara merandam kembang pohon baboon yang kering ke dalam minyak zaitun dan menghangatkan pada bak mandi, lalu dijemur di bawah matahari selama empat hari, kemudian digosokkan pada bagian-bagian yang sakit.
• Untuk mengobati penyakit kulit yang gatal (impetigo; seperti kurap dan kadas), diletakkan pada sisi bagian kulit yang gatal, bahan-bahan dari rendaman daun-daun nabati (jenis tanaman kentang), dalam 200 gram minyak zaitun selama satu minggu.untuk mengobati penyakit tangan dan kaki karena kedinginan adalah dengan cara mengolesi atau menggosok campuran minyak zaitun dan gelsren, dengan kadar yang sama. Sedangkan untuk mengobati sembelit kronis adalah dengan cara menginjeksi dari 200-400 gram minyak zaitun di tambah dengan air setengah liter.

Semua fenomena diatas berlangsung secara cepat dan intensif tentang peran dan fungsi minyak zaitun dan buah zaitun dalam pengobatan berbagai penyakit modern. Dan dianggap sebagai penemuan medis yang cermalang, sebuah kesuksesan, dan popularitas zaitun ditengah-tengah medis dan makanan dalam skala internasional.
Buah Zaitun dan Minyak Zaitun dalam Pengobatan Alternatif.
1. Membantu meringankan tekanan darah, pembekuan pembuluh darah, dan asma (bengek), jika dicampur dengan bawang putih.
2. Mengurangi bahaya pembentukan batu kemih, membantu membasmi pasir dan diuresis (melimpahnya air kencing), jika dikonsumsi dua sendok makan, setiap sebelum serapan pagi.
3. Berguna bagi pengobatan untuk kondisi-kondisi; ketegangan berfikir, jika dicampur dengan selasih (kemangi).
4. Pengobatan ampuh untuk kondisi-kondisi; susah pencernaan, jika dicampur dengan ketumbar.
5. Berguna untuk penyakit gula, jika dicampur dengan tanaman juniper.
6. Mengobati badan lemas dan meringankan penyakit batu ginjal, jika dicampur dengan buah pala.
7. Mengobati penyakit radang alat-alat pernafasan dan pembekuan pembuluh (saluran) darah, penyakit gula, serta radang organ-organ keturunan, jika dicampur dengan bawang merah.
8. Mengobati penyakit sembelit, jika dikomsumsi dua jam setiap sebelum makan.
9. digunakan sebagai tetesan hidung untuk menghambat penyumbatan.
10. berguna untuk penyakit hati dan kekurangan darah.
11. berguna untuk penyakit encok, jika dioleskan.
12. minyak zaitun juga berguna untuk penyakit karena usia lanjut, pembekuan saluran darah, tekanan darah. Dan membantu memproduksi dan penerimaan tubuh terhadap insulin (obat penyakit diabetes), sehingga dapat mengobati penyakit gula.

Masih banyak lagi manfaat lainnya yang belum diketahui dari khasiat minyak zaitun dan buah zaitun.

Dari sinilah kemudian janji Nabi akan khasiat zaitun, dan disebutkan kata zaitun dalam Al-Qur’an dalam 7 tempat yang masing-masing konteksnya berbeda-beda. Sebuah indikasi ilmiah yang menakjubkan, yang termaktub abadi didalam Al-Qur’an sejak 14 abad yang lalu, yang mengokohkan kenabian Muhammad sebagai penutup para nabi, dan segala puji bagi Allah atas anugerah Al-Qur’an.


9. Buah Tin

• Di antara keistimewaan tin adalah terletak pada gabungan keutamaan dalam satu waktu, yang di ibaratkan seperti farmasi. Tin adalah buah yang kaya dengan berbagai jenis gula, garam, vitamin, dan dapat memberikan energi bagi olahragawan. Juga kaya dengan enzim (unsur protein) pencerna, zat-zat selai (agar-agar), menghangatkan dinding usus, melancarkan saluran kencing. Tin juga merupakan gizi yang berkualitas tinggi untuk anak-anak dan bagi yang lemah fisik untuk orang dewasa, bagi lansia, dan wanita hamil. Juga untuk melawan tubuh lemah yang alami, saraf, dan pengobatan perut, susu, sembelit, dan penyakit lemas secara umum, radang dada, saluran kencing. Juga digunakan untuk luka sebagai anti nyeridada yang mencekam ( angina pectoris ) dan radang mulut, bisul-bisul, dan borok.
• Pengobatan bagian dalam tubuh dengan menggunakan buah tin dapat dilakukan sebagai berikut.
Memasak 100 gram buah tin. Lalu airnya diminum sebagai anti pilek kronis (bertahun-tahun), radang cabang tenggorokan, radang pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, penyakit bronchitis. Manisan buah tin berguna untuk penderita susah pencernaan dan sembelit.
• Untuk mengobati sembelit dapat digunakan berbagai cara berikut.
1. memasak 3-4 gram buah tin segar yang dipotong-potong, kemudian dimasukan ke dalam gelas susu dan dicampur 12 biji kismis. Lalu diminum sekaligus sebelum sarapan pagi.
2. merendam 6 buah tin dengan sedikit air sepanjang malam, kemudian dikonsumsi sebelum sarapan pagi.
3. merendam dahan-dahan pohon tin yang segar dan kecil ke dalam segelas air. Lalu diminumkan kepada anak-anak untuk mempelancar dan pembersih.
4. memasak 25-30 gram daun-daun tin dalam satu liter air sampai mendidih. Lalu diminum untuk mengobati batuk dan gangguan haid atau penumpahan darah yang dialami sebelum masanya
5. mengonsumsi tin dan fennel (foeniculum vulgare) dalam kadar yang sama, di waktu pagi, hingga 30 sampai 40 hari secara terus-menerus, untuk mengobati penyakit ambeien dan encok.
• Sedangkan untuk pengobatan pada bagian luar tubuh digunakan prosedur
Sebagai berikut
1. air tin segar yang telah mendidih (lihat: nomor satu di atas)
digunakan untuk berkumur untuk mengobati kerongkongan dan radang gusi atau radang akut selaput lender pangkal tenggorokan.
2. tin yang dimasak di air atau susu, kemudian ditempelkan pada
bisul, borok, luka bakar, dan gigi sakit.
3. memotong dahan-dahan tin kecil, lalu dioleskan pada kulit puting
payudara (wort) di waktu pagi dan malam. Yaitu untuk memperlancar mengalirnya air susu. Juga daun-daunnya, jika diminum akan menghasilkan hal yang sama.
4. orang dulu menggunakan susu tin untuk embuat keju (mentega),
dan mereka mengoleskan pada daging yang busuk.
Dalam setiap 100 gram tin menghasilkan 250 kalori. Karena itu, ia
Dipandang sebagai makanan bermutu di musim dingin, tetapi, dilarang
Bagi penderita penyakit gula, kegemukan, dan susah pencernaan.
• Orang-orang jepang mampu membuktikan adanya komposisi kimia aroma “aldehydes” yang terdapat pada buah tin, yang disebut dengan ”benzaldehyde”, dan memiliki kekuatan medis untuk melawan sebab-sebab penyakit kanker. Juga ditemukan bahwa pada buah tin terdapat kumpulan komposisi zat tepung, yang disebut dengan kumpulan “suralinza” yang berfungsi penting dan efektif untuk memelihara darah dari berbagai virus dan bakteri serta parasit yang menyebabkan penyakit, seperti virus radang limpa (hepatitis). Komposisi ini terdapat pada tin, juga pada sirup/jus dan manisannya.
Dapat disimpulkan, bahwa sumpah Allah dengan tin dalam Al-Qur’an dan penamaan surat At-Tin merupakan tanda kebesaran dank ke-Mahasuci-an Allah.


10. Bawang Putih

• Bangsa Arab mengenal bawang putih sejak dahulu kala. Mereka sejak lama telah mengklasifikasikan corak medis bawang putih. Sebagaimana yang dikutip dari perkataan ibnu sina dalam bukunya “Al-Qanun Fi At-Thibb” bahwa:
“Bawang putih bersifat memperlancar dan menghilangkan penyakit penggelembungan perut, mengobati batuk, berguna untuk mengeluarkan dahak lender, menghilangkan batuk, menguatkan tubuh, menambah kejernihan pandangan mata, mengaktifkan peredaran darah, mengeluarkan angin, memperindah suara, membersihkan usus, menambah kekuatan daya ingatan dan kecerdasan, mengobati penyakit pelupa, pembangkit dan penguat nafsu seks, mengobati batuk kronis (bertahun-tahun), sakit dada karena kedinginan. Memasak daun bawang putih dapat memperlancar kencing dan darah kotor (haid). Meminum bubuknya dengan madu mampu mengeluarkan dahak lender dan merendam rasa sakit pada posisi-posisi tertentu seperti penyakit rematik.
• Inti bawang putih digunakan untuk mencegah penyakit tipes (typhus), difteri (penyakit tenggorokan), dan batuk keras (rejan). Juga untuk mengobati rasa sakit pada dada dan radang paru-paru (TBC), dan meringankan kambuhnya penyakit batuk keras. Selain itu, sari bawang putih berguna untuk mengobati penyakit kulit.
• Manfaat dan fungsi bawang putih banyak sekali, antara lain:
1. perangsang usus
2. pembersih usus
3. menghentikan diare yang bersifat mikroba (kuman).
4. di gunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan anus dan dubur (anal), seperti menghentikan disentri.
5. berguna untuk urat saraf.
6. membasmi pembusukan (kerusakan) pada perut.
7. bawang putih yang dicampur dengan susu rayeb (yogurt), dapat bermanfaat untuk membasmi batu ginjal dan meringankan mules pada ginjal.
8. mengurangi kadar lemak dan kolesterol pada darah, menekan tekanan darah, mengaktifkan detakan hati, merangsang perputaran darah, dan mengobati pembekuan pembuluh darah.
9. bawang putih yang dicampur dengan parsley (sejenis seledri), minyak zaitun dan jus jeruk nipis, kemudian diminum sebelum sarapan pagi, dapat membasmi batu ginjal.
10. bawang putih berkumpul dengan asam polic, saluran kencing, dan mengobati penyakit encok.
11. membasmi radang persendian dan mengobati lemahnya alat-alat pencernaan.
12. mengobati bawasir (ambeien) dan pembukaan pembuluh darah.
13. mengobati kekurangan cairan.
14. membasmi berbagai jenis cacing, seperti cacing entrobius vermicularis dan amuba (organisme bersel satu yang sangat kecil).
15. digunakan untuk pengobatan dan meredam penyakit telinga.


Beberapa pola pengobatan dengan bawang putih:

1. untuk penyakit perut ( usus), rasa mual, dan vertigo (pusing). caranya, masukan 3 biji bawang putih yang dipotong-potong ke dalam gelas yang berisi susu local dan madu, lalu diminum sebelum tidur. Juga meminum habbat al-Saudaa yang telah dimasak, yang dicampur dengan madu.
2. untuk mencegah penyakit kanker. Caranya, biasakan mengonsumsi satu mangkuk salad hijau yang dicampur dengan dua biji bawang putih. Bawang juga yang mengonsumsi madu lebah, habbat al-saudaa, jus atau sari air anggur hitam, buah murbei dan wortel segar
3. untuk mencegah penyakit lumpuh pada anak-anak. Caranya haluskanlah satu biji bawang putih, lalu campurkan dengan susu si anak. Diminum setiap hari. Hati-hatilah mengabaikan melindungi air (getah) dadik yang telah dibuat dan ditentukan waktu-waktunya.
4. untuk mengobati kelenjar beguk. Caranya, oleskanlah biji bawang putih yang telah dipotong-potong di pagi dan malam hari, pada rahang bawah.
5. untuk membasmi amuba dan disentri. Caranya, makan 2 buah bawang putih yang dipotong-potong, setiap hari setelah makan, selama satu minggu. Juga meminum satu sendok minyak zaitun di waktu pagi dan malam.
6. untuk mengobati penyakit typhus. Caranya, campurlah lima biji bawang putih yang dipotong-potong di dalam gelas berisi susu local yang hangat dengan madu lebah, lalu minumlah sebelum tidur dan mengoleskannya pada tulang belakang pasien dan sisi-sisinya dioleskan dengan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak zaitun. Di pagi hari, menghirup aroma bawang putih selama 5 menit.
7. Untuk luka-luka atau bisul-bisul yang membusuk (fargarin). Caranya, menumbuk bawang putih sampai hancur dan halus, lalu dicampurkan dengan madu lebah, kemudian dibalutkan pada luka.Bisa juga dengan cara mencampur bawang putih yang sudah ditumbuh halus ke dalam air hangat untuk membersihkan luka, ia dapat membunuh bakteri dan kuman.
8. untuk mencegah penyebaran kolera. Caranya, konsumsilah satu sendok makan bawang putih yang telah ditumbuk halus dan satu sendok makan madu, setiap selesai makan. Hal itu akan lebih bermanfaat dari serum, yaitu merupakan resep berkualitas untuk wabah perut. Sebab, bawang putih adalah salah satu obat terkuat untuk mencegah kolera dan typhus, dan penyakit-penyakit perutdan wabah-wabah (epidemi).
9. menyipan bawang putih disamping buah-buahan akan menghindari kerusakan buah-buahan.
10. untuk mengobati penyakit TBC. Caranya :
menghirup beberapa bawang putih yang telah dikupas, lalu masukkan ke dalam satu liter air, kemudian masaklah diatas api sedang. Ketika uapnya naik, hiruplah uapnya. Lakukanlah setiap hari.
ambillah satu biji bawang putih dan potong-potong, lalu teguklah dengan sedikit susu, kemudian minumlah setengah gelas madu lebah. Dilakukan setiap hari. akan lebih baik, jika dikonsumsi setiap sebelum sarapan.
11. untuk mengobati tekanan darah rendah. Caranya, minumlah
segelas susu local yang dicampur dengan madu hitam dan satu biji bawang putih yang telah terpotong-potong. Lakukanlah setiap selesai makan malam, sembari memperbanyak minum jus buah-buahan segar.
12. untuk mengembalikan stamina dan vitalitas seks bagi usia
lanjut. Caranya, ambillah satu ons bawang putih yang telah di haluskan, lima telur ayam kampong, ½ sendok makan kamun (cumin), dan sedikit garam, lalu iris 4 ons bawang putih dan campurkan minyak zaitun.Kemudian masaklah. Setelah itu, makanlah dengan roti yang terbuat dari gandum asli. Lakukanlah terus menerus hingga beberapa hari.

demikianlah beberapa manfaat dan khasiat bawang putih sebagaimana yang telah dikemukakan diatas. Namun, jika berlebihan mengonsumsi bawang putih dapat berdampak pada; tekanan darah tinggi, berbahaya bagi wanita hamil, bagi anak-anak akibat reaksi bahan tajam yang dapat membakar kulit yang terdapat pada bawang putih. Oleh karena itu, di anjurkan agar mengonsumsi bawang putih secara seimbang.


11. Bawang Merah

Para ilmuwan dari kalangan dokter dahulu kala menyanjung manfaat bawang merah dengan mengatakan; “ Bahwa mengonsumsi bawang merah mentah atau di masak dapat memerahkan wajah dan melawan bahaya racun, menguatkan perut, membangkitkan dan menguatkan gairah seks, melunakkan dahak lender, membuka penyumbatan, memperlancar dan memperhalus usus, menyembuhkan penyakit kulit (gatal-gatal), juga dapat menyembuhkan batuk dan kekasaran pada dada, menyembuhkan rasa sakit pada pundak dan pinggul. Air bawang merah juga digunakan celak mata yang dicampur madu, berfaedah menyembuhkan lemah pandangan mata dan air yang keluar dari mata. Jika diteteskan pada telinga dapat memperbaiki pendengaran, dengungan di telinga, dan menahan cairan nanah.”
Namun demikian, para ilmuwan masa lampau juga mengatakan bahwa jika berlebihan mengonsumsi bawang merah akan menimbulkan campuran buruk dalam perut (usus), dan membuat sakit kepala, bersin-bersin, menjadi pelupa, dan membuat bau mulut tidak sedap.
Daud Al-Ankaki menyebutkan bahwa bawang merah dapat membuka penyumbatan, dan menguatkan syahwat seks, baik bagi pria maupun wanita, terutama jika dimasak dengan daging. Bawang merah dapat menghilangkan penyakit kuning, memperlancar air kencing dan haid serta menghancurkan batu kemih. Mengonsumsi bawang merah di musim panas dapat berdampak sakit kepala, berefek negative bagi yang sedang sedih, dan mengonsumsi bawang merah bakar dapat melembabkan rahim.
Ibnu Sina berkomentar tentang bawang merah dengan berkata, “bahwa tunas bawang merah dapat menghilangkan penyakit kulit (balak) yang berwarna putih karena kehilangan pigmen dan dapat berfungsi membersihkan penyakit yang merontokan rambut (alopecia) di kepala. Jika di campur dengan garam maka akan mampu menghilangkan kulit. Air bawang dapat membersihkan luka-luka, dan jika airnya dihirup dapat membersihkan kepala. “ menurut Ibnu Sina, bawang merah yang dimasak, banyak mengandung gizi.
Nilai medis dan gizi bawang merah dapat mengungguli faedah buah apel. Buah apel mengandung dua puluh kalsium, satu fosfor, tiga vitamin A, besi, asam garam belerang, vitamin C, zat melancar kencing, empedu, memperlancar dan memperkuat otot-otot saraf, menambah vitalitas dan dorongan gairah seks, efektif untuk jantung dan peredaran darah. Bawang merah mengandung glukonin yang membatasi kadar gula pada darah, mengimbangi kerja insulin, alcohol, bawang merah berguna untuk busung air (idema), mencerai beraikan hati, terbukanya perut, pembengkakan anal, dan beberapa penyakit jantung. Ari-arinya yang segar dapat membunuh kuman pada mulut dan pada usus. Berguna untuk pengerasan pembuluh darah, dan radang akibat serangan jantung, penyakit gula, sangat ampuh mengenai pembesaran prostate dan pengokohan gejalanya.
• Jika bawang merah dikonsumsi mentah, menyembuhkan penyakit ngompol berat (enuirsius), zat pembantu pencernaan. Makanan berkualitas, jika disantap dengan roti murni dan keju, juga bermanfaat mengatur system lemak. Untuk mempermudah pencernaan, kulit bawang harus dimasak, dan agar tetap memelihara faedahnya dengan benar. Jenis sulfat yang terdapat pada bawang merah menginduksi ginjal, jika dimakan mentah. Tapi, jika dimasak, mencegah fungsinya. Bau bawang merah tidak boleh dikonsumsi bagi lemah lambung dan sulit pencernaan, mules usus, dan sensitive alat-alat pencernaan.
• Bawang merah bermanfaat untuk kulit dan rambut, karena komposisinya yang mengandung sulfat, asam garam belerang. Jika direndam dengan cuka putih dapat menjadi obat prostate, dan sari bawang dapat mengobati busung air jangka lama. Bawang merah saja tidak cukup menjadi porsi makanan lengkap, karena nilainya tidak lebih dari 50 kalori untuk setiap 100 gram, tetapi jika dimakan dengan keju dan roti murni, seperti yang lakukan oleh petani masyarakat Mesir maka dapat menjadi makanan yang memadai.
• Adapun bau bawang merah bisa dihilangkan dengan mengunyah daun mint (ni’naa’), parsley hijau, atau makan apel. Sebagai mana menghilangkan bau bawang putih.
Berikut ini berbagai cara pengunaan bawang merah dalam pengobatan alternative :
• Bagi orang yang mengalami asma (bengek). Cara pengobatannya : meminum satu cangkir jus bawang merah local yang dicampur madu lebah, selama 10 hari
• Bagi pengidap batuk rejang (batuk keras). Caranya, memasak tiga bawang besar ditambah 100 gram gula nabati sampai mengental seperti madu, lalu menempatkan ke dalam botol, lalu dimakan satu sendok setelah makan, sebanyak 3 kali.
• Untuk mengobati ambeien dan mengusir kuman usus. Caranya, injeksikan ke dubur air bawang sedang yang dimasak selama 3 menit, lakukan setiap sebelum sarapan.
• Untuk pembelahan puting susu. Caranya, tumbuk bawang dan masak dengan minyak zaitun, lalu ditempelkan pada putting yang terbelah dan bintik-bintik bisul. Juga untuk ambeien, di gosokkan setelah direndam air panas selama 10 menit, seperti halnya bawang putih.
• Untuk busung air. Caranya, 1-3 bawang digiling atau diblender bersama satu gelas susu. Kemudian diminum 1½ cangkir setiap hari, sebelum sarapan sampai air kencingnya banyak selama 10 hari.
• Untuk serangan jantung dan pencegahannya. Caranya, bakarlah bawang lalu haluskan, kemudian tempelkan pada telapak kaki sebelum tidur, maka serangan jantung dapat dihindari.
• Penyakit kulit. Caranya, buatlah campuran bawang, garam, dan merica putih yang sudah dihaluskan, lalu di oleskan secara merata pada bagian yang sakit setelah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain basah yang sudah direndam dengan air hangat.
• Penyakit prostate. Caranya, merendam bawang yang sudah dihaluskan dalam sari apel selama 3 hari, lalu diminum secangkir, sebelum sarapan selama sepekan.
• Untuk kekuatan berketurunan. Caranya, satu cangkir madu lebah dan setengah gelas bawang halus dimasak sampai menguap air bawangnya agar baunya hilang betul, lalu dikonsumsi satu sendok setiap habis makan. Juga baik dikonsumsi bawang bakar dengan buah kemari, dan kuncup kurma dengan madu.
• Untuk kencing manis (diabetes). Caranya, makanlah bawang secukupnya setiap hari, juga makan tulang kol (kepala kol), insyAllah menyembuhkan.
• Ramuan untuk mencegah kenaikan berat badan dan encok. Caranya:
- satu sendok kecil teh dari jus bawang yang telah dicampur dengan jus buah.
- Meminum satu gelas susu nabati alchemilla, setiap hari.
- Tidak baleh makan malam, kecuali susu asam kental (yogurt) atau 1-2 potong buah.
- Banyak berjalan dan bergerak dan melakukan beberapa latihan olahraga.
- Bangun malam (solat Tahajud), baca Al-Qur’an, merenungi, dan menganalisa bacaan-bacaannya
Herodotus, seorang sejarawan masa lampau berkata bahwa, “ saya terheran-heran dengan orang-orang Mesir, bagaimana mereka mengalami sakit, padahal mereka banyak memiliki bawang dan jeruk nipis.”


12. Beras Gandum (Beras Kecambah)

• Keistimewaan beras gandum
- memperkuat otot-otot saraf dan lambung.
- Memperlunak dan memperlembab dan membantu pencernaan.
- Pembangkit ginjal dan memperbarui energi.
- Anti- Mencret.
Beras gandum mengobati penyakit berikut
- penyakit dada (TBC dan pilek keras bertahun-tahun).
- Lemah tubuh dan lamban pertumbuhan bagi anak, lemah lambung, hati, dan mengeluarkan air empedu.
- Penyakit radang saluran kencing, kandung kemih, dan radang ginjal.
- Tekanan darah tinggi.
- Demam-demam.
Cara menggunakan beras gandum
- Bagian luar ataupun bagian dalam beras gandum direndam dengan air 20 gram selama 30 menit, lalu disaring. Airnya dapat menjadi minuman, makanan, pelembab, atau pelunak.
- Menggunakan kadar yang sama antara biji gandum, gandum, dan biji jagung, kacang hums, kacang adas, dan kedelai. Dari setiap satu sendok jenis tersebut dimasak dengan tiga liter air di atas api sedang selama 3 jam. Dan di jadikan sebagai makanan.
- Tepung gandum yang dicampur dengan cuka bermanfaat untuk sakit pundak.
- Beras gandum masak bisa digunakan sebagai obat kumur.
- Meminum air beras gandum membuat kantuk. Karena itu, ada baiknya dicampur dengan salad.
- Tepung gandum digunakan sebagai bahan untuk kondisi-kondisi radang kulit.

Apa hubungannya beras gandum dengan kesedihan?
Derita kesedihan menunjukkan adanya kekurangan kimia. Rasulullah menjelaskan bahwa beras gandum dapat membasmi beberapa jenis kesedihan. Kemudian, dokter modern menguatkan bahwa pada beras gandum terdapat zat yang mampu meringankan kesedihan, seperti potassium, magnesium, dan anti oksidan. Dan penelitian ilmiah selanjutnya menyatakan bahwa mineral, seperti potassium dan magnesium memiliki pengaruh kuat terhadap jalur-jalur saraf yang dapat membantu meringankan kesedihan.
Para dokter kejiwaan masa lampau telah mengidentifikasikan penyakit jiwa dari seputar analisis kejiwaan dan teori-teorinya. Tetapi, penelitian modern menemukan bahwa makanan yang kaya dengan potassium (unsur kimia yang halus dan berwarna putih) dan magnesium adalah obat yang paling baik bagi pengobatan kesedihan dan aman dari efek samping.



13. Kacang Polong (Hulbahifenugreek)

Minyak kacang polong memiliki beberapa keistimewaan yang kini ditemukan melalui penelitian kimia. Akhirnya diketahui bahwa keistimewaan kacang polong adalah menguatkan kelenjar buah dada dan memperlancar susu saat menyusui. Dengan hanya memberikan 20 tetes minyak kacang polong, tiga kali sehari, ASI-nya akan berlipat ganda dan memperbesar payudara, membuka nafsu makan. Karena itu, kacang polong merupakan resep penting untuk ibu menyusui.
Kacang polong jika dimasak dengan air akan memperlunak kerongkongan, dada, dan perut. Juga bermanfaat untuk merendam batuk dan sakit dada yang mencekam, asma, dan sulit pernapasan. Kacang polong juga baik untuk kentut, dahak, sulit usus (sembelit), dan ambeien. Jika dimasak dan airnya digunakan untuk mencuci rambut maka rambut bisa mengeriting. Jika dimasak dengan air dan airnya diduduki perempuan, akan bermanfaat untuk sakit rahim dan tumor. Jika dimasak dan dimakan kurma atau madu, sebelum sarapan, akan menghilangkan dahak lendir dan lambung, juga bermanfaat untuk batuk keras (bertahun-tahun).
Jika diminum airnya setelah mendidih akan bermanfaat untuk mengobati mual angin dan usus tergelincir. Dapat juga diberikan kepada gadis baligh untuk memperlancar darah haid, juga untuk mengobati kekurangan darah dan lemah struktur dan badan kurus, obat penambah berat badan, dan nafsu makan; namanya biotrikon. Air kacang polongdijadikan bahan kompres atau mengobati bintik-bintik gatal, menghilangkan, dan menyembuhkannya, juga dapat digunakan untuk mengobati keluaran pada dubur atau anal yang disebabkan wasir, dan mengobati eksim atau penyakit kulit, penyakit tulang, rematik, dan luka-luka berat di kaki, yang hampir mustahil disembuhkan.

A. Membuat resep kompres dari hulbah
Masukan sejumlah kacang polong yang sudah dihaluskan ke dalam bejana yang berisi air bersih, lalu diaduk terus-menerus hingga menyatu seperti adonan empuk. Lalu di masukkan ke dalam tempat lain yang lebih besar, kemudian di hangatkan sambil diaduk selama 10 menit, sampai warnanya menjadi kuat seperti adonan lembek. Adonannya dibuat untuk digunakan sebagai kompres, lalu ditempelkan sekitar 1 cm pada tempat yang sakit, lalu ditutup dengan kain katun dan kain woll (handuk) untuk menjaga panas. Kompres diperbarui beberapa kali, selama beberapa hari.

B. Cara mengobati penyakit dengan kacang polong (hulbah/fenugreek)
- Kehilangan nafsu makan
Caranya, memasak 2 sendok besar kacang polong dalam panci kecil hingga mendidih, biarkan sementara waktu, lalu ditambah madu lebah atau gula. Proses diulangi, paling sedikitnya 3 kali dalam seminggu.
- Kekurangan ASI
Caranya, memasak kacang polong secukupnya hingga mendidih, lalu ditambah sedikit keju dan tepung tanaman sesame (simsim), lalu ditambah gula, atau madu lebah. Diminum hangat-hangat. Diulangi 3 kali sehari.
- Sakit tenggorokan, suara serak, dan sulit pernapasan
Caranya, memasak secukupnya kacang polong dengan air hingga benar-benar matang, ditambah dengan gula atau madu lebah. Lalu diminum hangat-hangat, sebelum tidur dan dipagi hari sekitar satu jam sebelum sarapan. Demikian seterusnya, dilakukan 3 kali atau lebih sehari sampai penderita merasakan semakin membaik.
- Sakit ambeien
Caranya, sama dengan resep diatas, hanya ditambahkan minyak.
- Tumor limpa
Caranya, mengeringkan kacang polong dan menumbuk sage (naa’imah) dan dicampur dengan netrun/natron (campuran-campuran bikarbonat sodium (tepung soda, Na2Co3.10 H20]) dan cuka, kemudian dikonsumsi penderita sebelum sarapan, dilakukan selama sepekan.
- Lemah syahwat
Caranya, masukan kacang polong halus ditambah madu lebah ke dalam botol. Lalu dikonsumsi penderita, satu sendok besar setiap pagi sebelum sarapan. Dilakukan selama 3 minggu.
- Sakit kencing manis
Caranya, ambil secukupnya bahan-bahan dengan jumlah yang sama; tepung kacang tirmis (lupine) dan biji rami (flexseed), dan kacang polong. Dari ramuan itu dikonsumsi satu sendok kecil di siang hari, sebelum makan siang. Dan selebihnya dimakan selepas makan malam.
- Penyakit susah kencing
Caranya, penderita diberikan air atau kuah masakan kacang polong yang tanpa campuran apapun (tawar). Lalu diminumkan ke penderita sebanyak mungkin, maka air kencing akan terbuka dari penyumbatanya.
- Membasmi kuman
Caranya, membuat adonan dari bawang putih dan kacang polong halus, lalu dimakan penderita, pagi dan malam selama dua hari.
- Mengobati wanita mandul
Caranya, buatlah adonan kacang polong dalam sepotong kain tipis, diikat dengan benang dan dimasukkan ke vagina, dan jahitan tetap tampak untuk menarik kainnya. Ulangi tiga kali secara berturut-turut.
Para dokter berkomentar tentang kacang polong (hulbah), dengan mengatakan, “kalau saja manusia mengetahui khasiat hulbah, mereka akan membelinya, sekalipun seharga emas.”


14. Kemangi/Selasih

A. Menurut kedokteran klasik.
Dalam dunia kedokteran masa lampau, kemangi digunakan untuk sakit kepala dan menyebabkan tidur. Benih kemangi digunakan untuk mengobati diare kuning, merendam mules, dan memperkuat jantung.
Ibnu sina berkata, bahwa kemangi berguna untuk wasir atau ambeien, mabuk, dan mimisan.
Ada juga yang mengatakan bahwa bunga kemangi dapat membangkitkan semangat dan zat kemangi dapat membantu kerja pencernaan. Merendam kemangi dengan air dingin dapat mencegah muntah, dan dengan air panas dapat mencegah mual. Jika daunnya dikeringkan dan ditumbuk halus dengan baik dapat digunakan oleh wanita-wanita penderita penyakit ayan dan penyempitan rahim. Menghirup bau kemangi menghilangkan sakit kepala yang ditimbulkan oleh pilek atau flu. Hasil rendaman kemangi dapat menguatkan dan melebatkan rambut, dan mencegah rontok.
B. Menurut kedokteran modern
Dunia kedokteran modern menyatakan bahwa kemangi dapat digunakan sebagai perangsang, pencerna, anti kejang, dan pilek. Juga dapat digunakan sebagai bahan minuman, makanan, dan pembersih usus serta peredam sakit mual usus. Kemangi juga bermanfaat untuk kondisi lemah jiwa, insomnia, dan sakit haid. Jika dicampur dengan lebah kecil (kelulut), dapat menyembuhkan kutil.
Dalam makanan dapat digunakan sebagai pengharum bau mulut, menjadi bumbu masakan. Juga untuk membuat kuah daging dan sosis. Daun-daunnya digunakan campuran salad. Minyak kemangi yang menguap kekuning-kuningan dapat digunakan untuk penyedap dan minuman. Kemangi juga bermanfaat untuk temperamen saraf. Bagi anak-anak yang menderita dengungan telinga, dengan cara meminum air kemangi yang telah dimasak, sebelum tidur. Tunas kemangi yang dimasak untuk penderita disentri. Di India, kemangi digunakan untuk penyakit kelainan seks.


15. Jahe

A. Menurut kedokteran klasik

Di kalangan para ahli dan dokter yunani, secara umum jahe popular digunakan sebagai obat yang sangat bermanfaat. Maka itu mereka menggunakan untuk pengobatan, sebagai bahan makanan untuk jantung dan lambung, dan menjadi bahan yang dapat mengeluarkan keringat badan, terutama dimusim dingin. Jahe juga banyak dijadikan campuran ke dalam ramuan obat-obat dan ditambahkan angsana/sena (senna) untuk mencegah mual, mengurangi dan mempersingkat masa mual.
Ibnu Al-Qayyim berkata, jahe bermanfaat untuk pencernaan, memperlancar perut, memperbaiki hati, gejala air empedu akibat dingin dan kelembapan secara bersamaan, dan menghilangkan angina (gas pada lambung). Secara umum, jahe berguna untuk ginjal dan usus. Sari atau air jahe yang mendidih digunakan untuk obat encok, rematik, dan menyembuhkan suara serak.
Dokter Arab menggunakan jahe untuk menghangatkan badan dengan sehangat-hangatnya. Dimana jahe mampu menimbulkan perasaan hangat dan rasa hangat dapat berlangsung lama pada badan. Membantu mencerna makanan, sehingga mampu melunakkan isi perut. Bermanfaat dari racun berbisa. Berguna untuk radang dingin. Dapat berfungsi sebagai obat kompres (penghangatkan dengan kain yang dipanasi atau penyekaan).
Dalam kitab “Tazkirat Daud Al-Antaki” bahwa jahe dapat membuka penyumbatan, menghilangkan dahak lender, dan kelembaban yang merusak dan tersembunyi di dalam lambung. Jahe juga dapat mengusir angin (kentut). Memperlancar kencing yang sampai ke dalam urat-urat/pembuluh darah, serta bermanfaat bagi badan.

B. Menurut kedokteran modern

Jahe memiliki keistimewaan untuk menguatkan dan membersihkan dan anti-demam. Tetesan airnya, baik untuk mengobati penyakit mata.
Dalam dunia kedokteran modern, jahe digunakan untuk memperlebar jangkauan darah dan meningkatkan kadar keringat di musim dingin dan perasan hangat, melembutkan cuaca panas. Dalam memasak, jahe dicampur dengan kuah daging, jamur, dan yang mengandung cuka, sehingga dapat menyedapkan bau masakan. Minuman jahe banyak dikonsumsi oleh wanita ketika haid datang, menghilangkan rasa sakit, dan pusing kepala pada saat haid. Jahe juga dibuatmenjadi kue-kue sebagai resep untuk pengobatan penyakit dada.


16. Kacang Adas

A. Menurut kedokteran klasik

Bapak dokter yunani, Epicurus berpendapat bahwa adas memiliki keistimewaan dalam pengobatan. Ia menjadikan adas sebagai resep bagi penderita penyakit hati, dibuat resep seperti kuah sup potongan daging kecil dari daging yang direbus.
Di abad pertengahan, sebagaian orang meyakini adas mengandung racun. Bagi mereka adas dapat menyebabkan keguncangan racun. Karenanya, mereka mencabut kulit adas dan memasaknya dengan air hujan, lalu menambahkan cumin (kamuun) dan merica. Cara masak inilah yang dipakai sekarang.
Adas digunakan untuk melindungi diri dari penyakit tekak (saluran antara rongga mulut dan kerongkongan), dan organ tubuh bagian dalam yang mengalami sakit, seperti penyakit sipilis (penyakit kelamin).
Para dokter Arab mengatakan bahwa adas dapat menghilangkan demam dan merendam panas. Kuahnya (sup) adas dapat juga meredam batuk dan sakit dada. Dengan 30 biji adas dapat menguatkan perut dan pencernaan (usus). Tepung adas yang dicampur dengan madu dapat menyembuhkan penyakit demam kronis dan memperciut luka. Lemak adas yang dicampur dengan madu, cuka, dan telur dapat menghilangkan tumor ganas, busung air (edema), dan kegemukan (penggemburan daging badan manusia).
Namun jika berlebih-lebihan mengonsumsi adas dapat mengakibatkan rabun penglihatan dan menimbulkan lepra atau kusta. Jika adas dicampur dengan manis-manisan dapat mengakibatkan ambeien, bawasir (hommorhoid). Jika dimakan dengan daging keras akan menimbulkan hembusan gas dalam perut (usus) yang menimbulkan sakit. Namun sebaliknya, baik dikonsumsi jika dimasak dengan cuka dan jenis tanaman, seperti bit. Jika dibakar dapat memutihkan gigi yang cokelat. Jika dioleskan pada kelopak mata dapat mencegah kelonggaran kelopak mata.

B. Menurut kedokteran modern

Adas berguna untuk orang-orang yang berbadan sehat dan yang melakukan pekerjaan berat, termasuk yang lemah otot saraf. Dapat meningkatkan berat badan anak-anak. Kulit adas melawan penyakit sembelit, mengobati kekurangan darah, memperlancar air susu ibu, dan memelihara jatuh gigi (ompong)
Adas berbahaya bagi yang memiliki lemah usus, menyebabkan mereka mengalami hembusan gas dalam perut (usus)nya. Karenanya, dianjurkan agar mengurangi konsumsi adas dan mengonsumsinya seperti makanan berkuah setelah dicampur dengan keju atau susu untuk mengurangi lemak. Juga, sebaiknya dimakan dengan salad yang dicampur dengan cuka, jeruk nipis, dan minyak zaitun, agar menambah gizi makanan.
Terakhir, adas juga menjadi resep bagi yang mengalami kekurangan darah, oaring-orang yang baru pulih kesehatannya, dan untuk anak-anak. Tetapi dilarang dikonsumsi oleh orang gemuk, orang sakit hati (lever), ginjal, dan empedu.


Sumber: “Mukjizat Kedokteran Nabi”, karangan: Mahir Hasan Mahmud Muhammad.

Senin, 18 Agustus 2008

KHASIAT WORTEL

Khasiat Wortel sangat banyak sekali, antara lain:

1. Kulit Jadi Mulus

Wortel sangat baik untuk perawatan kulit. Vitamin A di dalam wortel dapat mengurangi atau menghilangkan kerutan-kerutan, sehingga jadi tampak mulus. Cara menggunakannya sama seperti memakai masker. Wortel dicuci bersih, lalu dblender. Wortel yang sudah dihaluskan ini lalu dioleskan pada wajah atau bagian tubuh yang di inginkan secara merata. Setelah 10 menit, wajah dibilas dengan air bersih. Cara lain, wortel dicuci bersih lalu dikukus. Selanjutnya, wortel di blender dan ditambah sedikit madu. Ramuan ini dioleskan pada wajah, didiamkan selama 10 menit, lalu dibilas dengan air bersih. Selama memakai masker, wajah sebaiknya dalam keadaan diam, tidak dipakai bercakap-cakap. Selain kedua cara tersebut, kita juga bisa memarut wortel yang sudah dikerik kulit luarnya. Parutan wortel lalu diperas dan airnya dioleskan ke wajah.

2. Makin Jos dengan Jus Wortel

Benarkah wortel bisa menambah keperkasaan lelaki? Yang jelas, di dalam wortel terdapat senyawa yang disebut paspirin. Senyawa inilah yang akan menggenjot kelenjar pituitari, yang ada di belakang kepala, agar giat memproduksi hormone testosteron. Bertambahnya kadar testosterone otomatis juga menambah keperkasaannya pria.

Untuk mendapatkan khasiat ini, rajin-rajinlah minum jus wortel. Cara membuatnya sebagai berikut.

1. Siapkan 4-5 batang wortel (tanpa dikupas) dan beberapa lembar daun wortel, lalu cuci bersih.
2. blender semua bahan hingga halus, tambahkan 2 sdt minyak zaitun, kemudian blender lagi agar tercampur rata.
3. peras,ambil sarinya, dan tambahkan sedikit madu. Secangkir jus wortel mengandung 25 mg betakaroten.
4. Minum sari wortel ini pada siang atau malam hari, bisa sebelum atau sesudah makan. Frekuensinya bisa 2 hari sekali. Jika memungkinkan bisa setiap hari selama seminggu, istirahat seminggu, kemudian dilanjutkan lagi. “Terapi Wortel” ini sebaiknya juga di barengi konsumsi sayuran dan buah segar plus olahraga.


Di dalam wortel terdapat senyawa kimia yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan wortel.

1. Mata Minus
Ambil 7 batang wortel, cuci bersih, lalu parut. Jika perlu, tambahkan sedikit air, kemudian peras. Saring dengan air bersih. Minum airnya sehari sekali, dan ulangi 2 kali seminggu.

2. Batu Ginjal
Ambil 7 batang wortel, cuci bersih, lalu parut. Tambahkan 100 ml air, didihkan selama 15 menit. Saring dengan kain bersih dan peras. Minum airnya sehari sekali selama sekitar 1-2 minggu.

3. Cacing Kremi
Siapkan 5 batang wortel, cuci bersih, lalu parut. Tambahkan santan kelapa dan sedikit garam, peras, dan saring. Minum airnya menjelang tidur malam.

4. Eksim
Ambil sebatang wortel, cuci bersih, lalu parut. Campur dengan 1 sdt kapur sirih, tempelkan pada bagian tubuh yang terserang eksim, lalu perban.

5. Hipertensi
Siapkan 500 gram wortel, cuci, dan potong-potong. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit air matang, blender sampai halus. Saring dan minum airnya 3 kali sehari.

6. Batuk
Sediakan sebatang wortel, bersihkan lalu parut. Tambahkan 2 sdm air panas, peras. Bila perlu tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai merata. Minum airnya 2 kali sehari.

7. Nyeri Haid
Sediakan 250 gram wortel, cuci bersih, dan potong-potong. Beri sedikit air matang, lalu blender. Minum 2 kali sehari.

8. Kejang Jantung
Siapkan 3 batang wortel, cuci, lalu parut. Tambahkan 2 gelas air matang, lalu peras. Tambahkan 2 sdm madu dan sepotong gula aren, aduk sampai merata, lalu minum sehari sekali.


PRODUK HERBAL : Instan Wortel


KHASIAT TEMULAWAK

Dalam kehidupan sehari-hari temu lawak juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Menghilangkan Bau Badan

Siapkan 1 rimpang temu lawak, tumbuk halus, rebus dengan 1 liter air
Hingga mendidih. Saring, dinginkan, dan minum 2 kali 1 cangkir sehari.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Siapkan 2 rimpang temu lawak, ¼ rimpang lengkuas, dan ½ genggam
Daun meniran. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih
Dan tersisa 2 gelas. Saring, dinginkan , minum 2 kali ½ gelas sehari.

3. Meningkatkan vitalitas Tubuh

Siapkan 50 gram rimpang temu lawak yang masih muda. Bersihkan rimpang tersebut lalu parut. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga mendidih, dinginkan, tambahkan madu, lalu minum 2 kali 1 gelas sehari.

4. Mengatasi Sakit Kepala dan Masuk Angin

Siapkan 2 rimpang temu lawak, iris tipis-tipis, keringkan, lalu tumbuk sampai menjadi tepung. Rebus tepung tersebut dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Saring dan minum airnya 2 kali sehari (pagi dan sore) masing-masing ½ gelas.

5. Mengatasi Sembelit

Siapkan 1 rimpang temu lawak dan biji sawi secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, seduh dengan air panas secukupnya, saring, dan minum airnya.

6. Mengatasi Maag

Siapkan 1 rimpang temu lawak, iris tipis-tipis, dan keringanginkan.
Rebus irisan temu lawak tersebut dengan 6 gelas air sampai mendidih, lalu saring. Minum air rebusan ini 1 kali 1 gelas per hari.

7. Mengobati Sariawan

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 3 mata buah asam, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan yang sudah dibersihkan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan minum air rebusannya 1 kali 1 gelas per hari.

8. Menghilangkan Jerawat

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 1/2 rimpang kencur, 1/4 sdm biji jintan 1 tangkai buah asam matang, dan gula aren secukupnya. parut rimpang temulawak dan rimpang kencur, kemudian campur dengan rimpang biji jintan, asam, dan gula aren. Tambahkan 8 gelas air dan rebus sampai mendidih. Minum air saringannya pada malam hari.

9. Menghilangkan amis sewaktu haid

Siapkan 1 rimpang temu lawak, 5 buah mata asam, dan gula kelapa. Rimpang temulawak di iris tipis-tipis dan di angina-anginkan selanjutnya, campur dengan bahan lain, tambahkan 2 gelas air, lalu rebus hingga mendidih selama 15 menit. Minum air saringan nya sehari sekali selama tiga hari.

10. Menambah ASI

Siapkan 1 ½ rimpang temu lawak, 2 sendok tepung sagu, dan gula kelapa. Parut rimpang temu lawak, lalu rebus bersama bahan lain dengan 1 liter air sampai mendidih. Minum air saringannya 2 kali 1 cangkir per hari.


PRODUK HERBAL :

1. Instan Temulawak

2. Temulawak Plus Habbatussauda


KHASIAT TEMU HITAM

Berikut khasiat yang dapat dipetik dari temu hitam dan cara memanfaatkannya.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Rimpang temu hitam memiliki rasa pahit yang justru mampu merangsang sel-sel pencernaan dan kemudian menambah nafsu makan. Cara membuat ramuannya, siapkan 1-2 jari rimpang temu hitam, cuci hingga bersih, lalu parut. Selanjutnya, tambahkan ½ gelas air hangat dan sedikit garam. Gunakan kain bersih untuk memeras parutan tersebut.bila perlu, tambahkan madu atau gula aren. Minumlah setiap hari selama 5-7 hari. Cara lainnya siapkan 10 gram rimpang temu hitam, 10 gram daun pepaya, dan satu gram buah pala. Semua bahan ditumbuk halus lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah agak dingin, saring dengan kain bersih, lalu tambahkan gula aren bila suka. Minum ramuan ini setiap hari selama 5-7 hari.

2. Jamu Habis Bersalin

Dalam tradisi jawa, ibu-ibu yang habis melahirkan pasti minum ‘Jamu Temu Ireng’ selama masa nifas (sampai 40 hari setelah melahirkan). Hal itu dilakukan untuk membersihkan darah kotor dalam kandungan. Bahan untuk membuat jamu temu ireng adalah 1 rimpang temu ireng, 4 jari rimpang kunyit, 7 biji kemukus, 10 helai daun pegagan, dan sedikit adas. Cara membuatnya, semua bahan dikupas, lalu dicuci, dan ditumbuk sampai halus. Selanjutnya, direbus dengan 1 gelas air hingga tinggal separuhnya. Air rebusan lalu disaring dengan kain bersih dan ditambah dengan sedikit madu atau gula aren. Ramuan ini diminum sehari sekali mulai pada 2 minggu setelah bersalin hingga 40 hari setelah melahirkan.

3. Menghilangkan Kudis

Temu hitam juga mengandung kurkumin yang berkhasiat membunuh kuman. Oleh karena itu, acap kali rimpang temu hitam digunakan untuk mengobati penyakit kudis. Caranya, 1 jari rimpang temu hitam ditumbuk sampai halus, lalu dicampur dengan minyak kelapa. Campuran tersebut lalu di bentuk seperti tapal dan ditempelkan pada kulit yang terserang kudis. Untuk mempercepat penyembuhan kudis, ada baiknya meminum air rebusan temu hitam. Caranya, 1 jari rimpang temu hitam dikupas, dicuci dan direbus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah agak dingin, disaring, dan diminum setiap hari.

KHASIAT TEMU GIRING

Ragam Khasiat

Temu giring yang kadang-kadang dianggap sepele ini, sesenugguhnya menyimpan banyak kegunaan dan khasiat. Sangat ideal jika temu giring dijadikan pelengkap dalam taman apotek hidup kita.
Berikut manfaat dan khasiat yang bisa dipetik dari temu giring.

1. Cacingan pada Anak

Sediakan 20 gram rimpang temu giring untuk usia 3-8 th atau 40 gram untuk usia 9-12 th. Rebus rimpang tersebut dalam segelas air, tambah dengan sedikit garam. Setelah air mendidih dan tersisa setengahnya, angkat, saring, lalu minumkan pada anak 2 jam sebelum sarapan pagi. Lakukan hal ini selama 5-7 hari.

2. Disentri

Ambil satu jari rimpang temu giring, tambahkan 5 gram daun (muda) delima putih, 3 biji adas manis, 1 jari pulosari, dan 1 siung bawang merah. Tumbuk semua bahan hingga halus, tambahkan secangkir air panas, peras, dan saring. Minum air perasannya, dan lanjutkan dengan berkumur air teh hangat.

3. Luka

Jika kulit anda terkelupas dan luka, secepatnya ambil 1 jari rimpang temu giring lalu parut. Campur parutan rimpang tersebut dengan sedikit santan dan tawas. Selanjutnya, bentuklah menjadi seperti tapal, lalu lekatkan pada kulit yang luka.

4. Bau Badan

Ambil ½ jari rimpang temu giring, cuci bersih, kemudian seduh dengan 100 ml air panas. Diamkan 5 menit, lalu saring. Minum airnya sehari sekali dan lakukan secara rutin selama seminggu.

5. Campak

Sediakan 2 gram temu giring, 3 gram herba benalu kelor, 4 gram daun cangkring, dan air secukupnya. Cuci semua bahan tersebut, lalu masukan ke dalam 110 ml air. Didihkan selama 15 menit, lalu saring dan peras sampai mendapat 100 ml. minum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100ml.

KHASIAT TAPAK DARA

Menumpas Kanker Payudara

Adapun resep ramuan untuk mengobati kanker payudara sebagai berikut.

1. Sediakan 22 helai daun tapak dara, kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti),
Dan buah adas (Foeniculum vulgare).
2. Cuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air bersih dan gula merah
Secukupnya.
3. Teruskan merebus hingga mendidih dan airnya tinggal separuh.
4. Setelah dingin, saring lalu minum air rebusannya 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Lakukan selama sebulan.

Ragam Khasiat Lain

Selain kanker payudara, tapak dara juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Anemia

Ambil empat putik bunga tapak dara, cuci, lalu rendam dalam segelas air. Perendaman sebaiknya dilakukan di luar rumah selama semalam. Keesokan harinya, air disaring lalu diminum.

2. Asma dan Bronkhitis

Ambil sepotong bonggol akar tapak dara, lalu rebus dalam 5 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tinggal setengahnya . Setelah dingin, saring, dan minum 2 kali sehari.

3. Batu Ginjal

Ambil segenggam daun tapak dara, cuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum 2 kali sehari.

4. Bisul

Cuci segenggam daun tapak dara, lalu lumatkan. Bersihkan permukaan bisul, lalu tempeli dengan daun tapak dara yang sudah dilumatkan.

5. Diabetes

Kumpulkan 10-16 lembar daun tapak dara. Rebus dalam 3 gelas air. Biarkan mendidih, hingga sisanya segelas. Setelah dingin, saring dan minum.

6. Hipertensi

Siapkan 15-20 gram daun tapak dara kering dan 10 gram bunga krisan. Rebus keduanya dalam 2 ½ gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring, lalu minum menjelang tidur.

7. Leukemia

Siapkan 20-25 gram daun tapak dara kering dan buah adas. Rebus dalam seliter air, biarkan mendidih dan airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari.

8. Tangan Gemetar

Ambil 5 lembar daun tapak dara, lalu seduh dalam segelas air panas. Setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari.

KHASIAT BUAH DAN DAUN SIRSAK

Berikut ini beberapa keluhan yang bisa diatasi dengan buah dan daun sirsak.

1. Sakit Anyang-anyangan

Penyakit ini ditandai sering kencing tetapi sedikit dan terasa sakit. Untuk mengobatinya, sirsak setengah matang dikupas, lalu direbus bersama sedikit gula dengan air sebanyak 2 gelas. Setelah mendidih, airnya disaring dan diminum. Lakukan sampai sembuh.

2. Ambeien

Buah yang matang diperas dan diambil airnya sebanyak 1 gelas. Air sirsak ini diminum 2 kali sehari (Pagi dan sore).

3. Penyakit Kulit

Daun muda ditumbuk halus, dicampur dengan kapur barus (kamper), lalu digiling kembali hingga halus. Balurkan ramuan ini pada kulit yang terkena penyakit seperti kudis, kurap, dan kutu air.

4. Sakit Pinggang

Daun sirsak sebanyak 20 lembar direbus dengan 5 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tinggal tiga gelas. Air rebusannya diminum sehari sekali sebanyak ¾ gelas.

KHASIAT DAUN SLEDRI

Seledri dapat menyembuhkan beberapa keluhan dan penyakit seperti berikut.

1. Wajah Berminyak

Ambil 3 batang seledri, lalu cuci dan iris kecil-kecil. Masukan ke dalam air panas, lalu tutup. Bila sudah dingin, segera simpan dalam lemari es. Menjelang tidur, oleskan air sari seledri ke wajah dan tunggu sampai kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur.

2. Menyuburkan Rambut

Lumatkan 5 batang seledri, tambahkan 3 sdm air, lalu peras. Oleskan airnya pada kulit kepala. Lakukan setiap hari.

3. Asma

Cuci 3 tangkai seledri dan 9 lembar daun kapuk, lalu lumatkan. Tambahkan gula aren secukupnya, sedikit garam, dan ½ gelas air. Aduk sampai rata, lalu saring. Minum 1 kali sehari selama 3 hari berturut-turut pagi hari sebelum sarapan.

4. Hipertensi

Siapkan daun seledri secukupnya, tambahkan sedikit air, remas-remas, peras, lalu saring. Minum 2 sdm sebanyak 3 kali sehari. Lakukan secara teratur.

5. Rematik

Ambil setangkai daun seledri, lantas dicuci bersih pada air yang mengalir. Daun-daun ini dihidangkan sebagai lalapan setiap kali makan.

6. Sakit Mata

Siapkan 2 tangkai daun seledri, 2 tangkai daun bayam, dan 1 tangkai daun kemangi. Tumbuk semua bahan, lalu seduh dengan segelas air panas. Saring, lalu minum airnya.

7. Asam Urat

Ambil 2 gram biji seledri, lalu masukkan ke dalam 110 ml air. Didihkan selama 15 menit, kemudian saring dengan kain bersih. Minum ramuan ini sehari sekali.

KHASIAT PARE

Berikut ini manfaat yang dapat dipetik dari buah pare (Momordica charantia) dan cara memanfaatkannya.

1. Diabetes

Ambil 2 buah pare, cuci, dan lumatkan. Tambahkan setengah gelas air bersih, aduk, dan peras. Minum airnya setiap hari dan lakukan selama 2 minggu.

2. Disentri

Sediakan 2 buah pare segar, cuci, lalu potong-potong. Tambahkan seperempat gelas air bersih, blender, dan peras. Minum ramuan ini dua kali sehari.

3. Penambah ASI

Ambil 1 buah pare segar, cuci bersih, lalu rebus sebentar. Makan pare rebus ini sebagai lalapan.

4. Bisul

Ambil 1 buah segar, lumatkan, lalu borehkan pada bagian yang terkena bisul.

5. Bronkhitis

Sediakan 2-3 buah pare, lumatkan, lalu ambil sarinya. Tambahkan 1 sdm madu, aduk rata. Minum sehari sekali dan lakukan selama 3 bulan. Resep ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri haid, rematik, dan melangsingkan tubuh.

Khasiat Daun

Berikut ini khasiat daun pare dan cara memanfaatkannya.

1. Mengobati Bisul dan Cacing Kremi

Sediakan segenggam daun pare segar, tambahkan ¼ cangkir air matang. Lalu blender. Saring dengan kain kasa. Jika perlu, tambahkan sedikit garam, gula aren secukupnya, dan jeruk nipis. Minum sehari sekali selama seminggu.

2. Mengobati Demam Nifas

Ambil 3 lembar daun pare segar, cuci bersih, dan lumatkan. Tambahkan segelas air dan sedikit garam, lalu peras, dan saring. Minum airnya 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

3. Melancarkan ASI

Sediakan 2 lembar daun pare segar, panaskan diatas api beberapa saat, lalu kompreskan pada payudara.

4. Meredakan Sakit pada Hati

Sediakan 6 gram daun pare segar, 5 gram rimpang temulawak, dan 110 ml air. Didihkan semua bahan selama 15 menit, lalu saring dengan kain kasa dan peras. Minum ramuan tersebut sehari sekali selama 2 minggu.

5. Menyuburkan Rambut

Ambil beberapa helai daun pare segar, cuci bersih lalu remas-remas. Oleskan pada kulit kepala.

6. Meredakan Rambut

Ambil 7 lembar daun pare segar, lumatkan, dan tambahkan 2 sdm air matang. Setelah itu, peras dan saring. Minum airnya 2 kali sehari.

7. Menghilangkan Bekas Luka

Cuci bersih segenggam daun pare segar, lalu lumatkan. Tambahkan air panas sedikit, lalu peras. Campur air perasan dengan 2 sdm tepung beras, lalu aduk sampai merata. Borehkan pada bagian bekas luka setiap hari.

8. Mengobati Wasir

Ambil 5 daun pare segar, tambahkan seperempat gelas air, didihkan, lalu peras dan saring. Ambil 3 sendok air perasan, lalu campur dengan segelas yoghurt cair. Minum setiap pagi.

9. Mengatasi Kemandulan

Sediakan 27 gram daun pare segar, 7 butir lada hitam, 3 siung bawang putih, dan 27 gram gula jawa. Lumatkan semua bahan, lalu tambahkan segelas air bersih. Didihkan dan peras. Minum air perasan setiap hari selama 3-4 bulan.

10. Mengobati Penyakit Kulit

Ambil 3 helai daun pare ditambah satu setengah cangkir air. Didihkan dan peras. Campur air perasan dengan sesendok air jeruk. Minum sesekali sehari.

11. Rabun Malam

Buat sari daun pare lalu oleskan pada sekitar mata.

Khasiat Akar

Berikut ini khasiat akar pare dan cara memanfaatkannya

1. Mengatasi Disentri

Ambil segenggam akar pare, tambahkan segelas air bersih.didihkan dan saring. Minum airnya sehari sekali

2. Ambeien

Ambil akar pare, cuci bersih, lalu lumatkan. Oleskan ramuan ini pada ambeien.

KHASIAT MENTIMUN

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat lain yang bisa dipetik dari mentimun.

1. Antiserangga

Mentimun dipakai sebagai obat anti kecoa dan anti semut. Siapkan kulit mentimun, potong-potong, lalu rendam dalam jus mentimun selama satu jam. Ambil kulit tersebut, keringkan dengan oven bersuhu 200 C, lalu hancurkan hingga menjadi serbuk. Masukkan serbuk kulit mentimun ke dalam blender, campur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. Keluarkan dan jemur hingga mengering. Sebarkan serbuk yang sudah kering ditempat yang terdapat semut. Selama 1-1,5 minggu semut dan kecoa akan menyingkir.

2. Mengatasi Sengatan Lebah

Ambil buah mentimun, kupas, lalu potong-potong. Masukkan potongan mentimun keblender, lalu hancurkan hingga menjadi cairan kental. Olesi atau rendam bagian tubuh yang tersengat lebah dengan cairan tersebut selama satu jam. Rasa sakit, gatal, dan bengkak akibat sengatan lebah akan hilang.

3. Memperlancar Buang Air Kecil

Campurkan 1 gelas sari buah mentimun di campur dengan 1 sdt madu dan 1 sdt jeruk nipis segar. Minum ramuan tersebut dan lakukan setiap dua kali sehari.

4. Hipertensi

Ambil 2 buah mentimun, cuci, parut, lalu peras. Minum airnya dan lakukan 2-3 kali sehari. Cara lain, ambil 200 gram mentimun, rebus, lalu saring. Minum airnya dan lakukan sehari sekali.

5. Sariawan

Sediakan 2 buah mentimun, cuci, kupas, dan iris-iris. Makan setiap hari.

6. Tifus

Ambil juga 2 buah mentimun, cuci bersih, parut, dan peras. Minum air perasan ini dan lakukan 3 kali sehari.

7. Diare pada Anak

Sediakan 1 buah mentimun, cuci, rebus, lalu haluskan. Saring, ambil airnya, dan beri sedikit madu. Minum ramuan tersebut hingga diare mampet.

KHASIAT MENGKUDU (PACE)

Berikut ini cara memanfaatkan buah mengkudu / pace untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Hepatitis

Siapkan dua buah mengkudu masak, lantas parut dan peras. Tambahkan gula batu secukupnya. Minum 2 kali sehari.

2. Hipertensi

Sediakan satu buah mengkudu matang dan satu sendok makan madu. Cuci buah mengkudu, hancurkan, peras, dan ambil airnya. Campurkan dengan madu dan aduk sampai rata. Minum 3 kali sehari.

3. Melancarkan Air Seni

Ambil dua buah mengkudu masak, cuci, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan garam, peras dengan kain. Air perasan diminum tiga kali sehari.

4. Batuk

Ambil buah mengkudu yang telah masak, cuci, kupas, dan buang biji-bijinya. Selanjutnya, iris-iris dan makan langsung bersama garam. Bisa juga menggunakan buah mengkudu yang masih mentah, dibuat seperti rujak pedas, dan langsung dimakan.

5. Masuk Angin

Ambil satu buah mengkudu dan satu rimpang lengkuas. Cuci kedua bahan lalu rebus dengan dua gelas air sampai airnya tinggal satu gelas. Saring dan minum dua kali sehari (pagi dan sore)

6. Radang tenggorokan

Siapkan beberapa helai daun mengkudu, lalu cuci dan rebus sampai matang. Daunnya dapat dimakan sebagai lalap. Air rebusannya dapat dipakai untuk berkumur setiap setengah jam sekali.

7. Diabetes Mellitus

Ramuannya sama dengan radang tenggorokan, tetapi tidak perlu berkumur dengan air rebusan daun.


PRODUK HERBAL :


1. Instan Mengkudu / Pace

2. Extrapace

KHASIAT MAHKOTA DEWA

Nikmatnya Teh Racik Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa)

Secara empiris kulit dan daging buah mahkota dewa mampu mengobati flu, rematik, dan kanker. Sementara itu, bijinya sering dipakai sebagai obat luar, untuk menyembuhkan aneka penyakit kulit. Memang belum banyak penelitian medis atau uji klinis tentang tanaman obat ini, yang ada hanyalah pembuktian berdasarkan pengalaman pengguna.

Namun, dr.Regina Sumastuti, pengajar Fakultas Kedokteran UGM telah membuktikan bahwa mahkota dewa mengandung antihistamin. Zat ini berperan menyembuhkan penyakit alergi seperti sesak napas, biduren,dan gatal-gatal. Kecuali itu, pada daunnya terdapat polifenol, alkaloid, saponin, dan flavonoid

Mahkota dewa dilarang untuk dikonsumsi langsung bisa karena bisa berefek sebagai racun. Dengan kata lain, sebelum dikonsumsi sebaiknya buah tersebut diproses dulu,
Bagaimana caranya? Ada baiknya kita ikuti pengalaman Ning Harmanto (Agromedia Pustaka,2001), yang telah berhasil memproduksi “teh racik”dari buah mahkota dewa.

Berikut tahapan pengolahan buah mahkota dewa menjadi teh.

1. Petik buah mahkota dewa yang sudah tua atau matang dipanen, lalu pilih buah yang utuh serta bebas dari bekas serangan hama dan penyakit.
2. Cuci dibawah air mengalir, tanpa mengunakan sabun atau deterjen.
3. Ambil kulit dan daging buahnya dengan cara diiris tipis. hati-hati saat pengambilan daging buah ini, jangan sampai cangkangnya ikut terambil karena bagian inilah yang beracun. Jemur selama 2-3 hari hingga kering atau beratnya tinggal 10% dari bobot basah. Tujuan pengeringan ini adalah untuk menghilangkan unsur-unsur racun yang terdapat didalamnya.
4. Jika sudah kering, ambil potongan-potongan buah mahkota dewa tersebut lalu sangrai selama 5 menit diatas api kecil. Warnanya akan berubah menjadi cokelat-kehitaman seperti teh. Tujuan penyangraian ini adalah untuk mematikan bakteri-bakteri yang menempel selama pengeringan.
5. Masukkan mahkota dewa yang sudah disangrai kedalam panci atau kuali tanah liat, lalu tambahkan air bersih sebanyak 2 gelas. Panaskan panci hingga air dalam panci tinggal setengahnya. Saring air rebusannya dan setelah hangat bisa langsung diminum. Jika tahan pahit, setelah minum teh racik mahkota dewa ini bisa disusul dengan menelan gula kelapa atau gula aren.

LARANGAN
Janganlah makan buah mahkota dewa mentah secara langsung, karena bisa mengakibatkan keracunan. Gejalanya adalah sakit perut, pusing, muntah-muntah, dan mabuk. Terlebih lagi bijinya sangat beracun. Biji mahkota dewa yang tertelan akan mengakibatkan mati rasa dan lidah kaku.


PRODUK HERBAL :

1. Kapsul Mahkota Dewa

2. Lulur Herbal Mahkota Dewa

KHASIAT LIDAH BUAYA

Khasiat Lidah Buaya (Aloe vera) sangat banyak sekali, antara lain:

1.Rambut Subur Berkat Lidah Buaya.

Tak dapat dipungkiri, banyak sekali kita temukan produk yang berbahan baku lidah buaya. Sebut saja aloe vera gel, aloe vera juice, aloe vera concentrate, dan aloin. Kegunaannya pun bermacam-macam. Ada yang untuk menghilangkan jerawat, perawatan wajah, tangan, dan kaki, serta pelembab (moisturizing cream). Kegunaan yang paling memasyarakatkan dan sudah banyak diproduksi adalah sebagai shampo plus penyubur rambut.

Secara alami kita dapat memakai lidah buaya untuk rambut. Lidah buaya dapat membersihkan kulit kepala, melembabkan kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut, menghitamkan rambut, dan menghindari kerontokan rambut. Caranya, ambil daun lidah buaya, lalu potong-potong. Oleskan jelinya pada kulit kepala dan biarkan sekitar 30 menit, lalu keramas sampai
bersih.

Namun, bagi penderita kerontokan rambut, waspadalah! Jika kerontokan rambut itu disebabkan oleh panas dalam, memang bisa saja mengunakan lidah buaya, karena rambut tersebut bisa subur kembali. Namun bagi orang yang berbadan lemah, mudah lelah, muka pucat, serta rambutnya tipis dan kemerahan, hati-hati menggunakan lidah buaya. terlebih lagi jika setelah memakai lidah buaya timbul rasa pusing, sebaiknya hentikan penggunaannya. Pasalnya, rambut tidak akan jadi subur, bisa-bisa malah semakin rontok.

2.Lidah Buaya untuk Kanker dan HIV

Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Yakhak Hoeji di Jepang membuktikan bahwa lidah buaya memiliki khasiat sebagai antikanker. Menurut penelitian tersebut, lidah buaya mampu memperpanjang hidup Tikus yang terkena kanker. Jika tikus sakit diberi lidah buaya dengan dosis 100 mg/kg berat tubuh tikus, masa hidupnya akan lebih lama 32% dibandingkan dengan tikus sakit yang tidak diberi lidah buaya. Sementara itu, jika diberi separuhnya yakni 50 mg/bb tikus, masa hidupnya akan bertambah 22%. Sampai saat ini penelitian masih dilanjutkan dengan
harapan segera bisa digunakan untuk manusia penderita kanker.

Tak kalah menariknya ialah penelitian yang dikaitkan dengan HIV, menurut Journal of Advancement in Medicine, 29 penderita HIV yang telah minum jus lidah buaya selama 90 hari tidak mengalami infeksi sariawan, letih, dan diare. Malah sebaliknya, lidah buaya mampu meningkatkan sel-sel darah putih. Ini berarti lidah buaya merupakan peluang emas dalam pencarian obat penyembuhan HIV.


PRODUK HERBAL: Instan Lidah Buaya

KHASIAT KUNYIT

Berikut ini khasiat kunyit (Curcuma domestica) untuk kesehatan

1. Ketombe

Secara alami, kunyit dapat dipakai untuk merawat rambut, khususnya supaya rambut bebas ketombe. Ketombe adalah sisik yang berasal dari bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala. Jika ketombe muncul, kulit kepala terasa sangat gatal. Untuk mengatasi ketombe, ambil kunyit, kupas, cuci bersih, dan tumbuk. Ambil sarinya dan gosokkan ke kulit kepala sambil di pijit-pijit. Biarkan 3-5 jam hingga sari kunyit meresap. Setelah itu, cuci bersih rambut dan kulit kepala hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga ketombe hilang.

2. Jerawat

Rimpang kunyit sebesar ibu jari dicuci, dikupas, lalu di iris-iris. Seduh dengan segelas air dan tambahkan gula pasir 1 sdm. Minum air seduhan kunyit tersebut dan barengi dengan makan tapai singkong. Lakukan setiap hari secara rutin hingga jerawat hilang.

3. Perawatan Kulit Tubuh

Kunyit dapat dijadikan lulur untuk merawat tubuh. Sediakan kunyit, lantas dikupas kulitnya dan dicuci sampai bersih. Parut rimpang kunyit tersebut, lalu campur dengan air. Biarkan mengendap dan ambil sari pati atau endapannya. Selain itu, sediakan pula pati beras. Selanjutnya, campurkan pati kunyit dan pati beras, lantas oleskan keseluruh bagian badan secara merata. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan malam hari menjelang tidur dan esok paginya lulur dibersihkan ketika mandi.

4. Haid Tidak Lancar

Guna mempelancar haid, sediakan 2 rimpang kunyit, 2 sdt ketumbar, 1/2 genggam daun sri gading. Tumbuk halus bahan tersebut, masukkan ke dalam panci, lalu tambahkan 1 liter air. Rebus sampai mendidih, kemudian saring. minum hasil saringannya satu gelas sehari.

5. Diare

Ambil ½ rimpang kunyit dan 1 sdt air kapur. rimpang dicuci lalu di iris-iris tipis. Masukkan kedalam panci berisi 1 gelas air dan rebus hingga airnya tinggal 1/3nya. Tambahkan air kapur. Silakan diminum 3 kali sehari. namun, bagi yang alergi terhadap minyak asiri, minum air kunyit justru akan membuat diare berlanjut.

6. Hepatitis

Ambil satu rimpang kunyit, cuci bersih, dan parut. Campurkan dengan 2 sdm air panas dan 1 sdm madu. Peras dan saring. Minum air perasan kunyit ini 3 kali sehari sampai sembuh.

7. Diabetes Mellitus

Siapkan 1 rimpang kunyit, lalu cuci, dan iris tipis- tipis. Tambahkan ½ sdt garam. Masukan kedalam panci berisi 1 liter air dan rebus hingga mendidih. Saring dan minum airnya ½ gelas sehari.

8. Rematik.

Satu rempang kunyit dirajang, lalu dicampur dengan minyak kelapa sampai merata. Oleskan atau tempelkan ramuan tersebut pada sendi-sendi yang terasa nyeri. Biarkan sepanjang malam, lalu ulangi lagi hingga sembuh

9. Borok.

Ambil 1 rimpang kunyit, cuci bersih, dan parut. tambahkan sedikit minyak kalapa. Bungkus dengan daun pisang dan panggang di atas api sampai panas. Biarkan agak dingin, lalu oleskan pada borok.


PRODUK HERBAL : Instan Kunir

KHASIAT KENCUR

Kencur (Kaempferia galanga) memiliki manfaat yang luar biasa. Para ibu rumah tangga tak asing menggunakan kencur sebagai bumbu masak. Bahkan masyarakat Sunda telah terbiasa mengonsumsi daun kencur sebagai lalapan mentah. Masyarakat Dayak juga menggunakan rimpang kencur untuk membuat ragi dan zat warna alami.
Sementara itu, masyarakat Padang memanfaatkan ramuan kencur untuk merangsang pertumbuhan bulu alis dan bulu mata. Caranya, rimpang kencur dibuat tepung dan dioleskan sebagai bedak. Sebagai tanaman obat, kencur juga berkhasiat mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Nenek moyang kita juga telah mewarisi ramuan beras kencur untuk obat gosok pada bengkak dan encok.

Berikut ini beberapa ramuan kencur yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Batuk

- Ambil 2 rimpang kencur, cuci, parut, dan campur dengan 1 cangkir air hangat. Saring campuran tersebut, ambil airnya, dan tambahkan sedikit garam, lalu minum
- Ambil 1 rimpang kencur, kupas bersih, dan kunyah. Hisap airnya dan buang ampasnya. Lakukan rutin setiap hari.

2. Masuk Angin

Ambil 1 rimpang kencur, cuci bersih lalu kunyah bersama garam secukupnya. Sesudah halus, telan kencur tersebut dan lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Mulas

Siapkan 1 rimpang kencur lalu cuci dan parut. Tambahkan 2 sdm air masak dan sedikit garam. Saring airnya dan minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

4. Lelah

Sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai, dan 1 biji cabai merah. Semua bahan direbus bersama dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring airnya dan minum. Ulangi setiap hari sampai rasa lelahnya hilang.

5. Keseleo

Campurkan 1 rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Haluskan kedua bahan tersebut dan beri air secukupnya sampai seperti krim. Oleskan ramuan ini pada bagian yang keseleo.

6. Diare

Sediakan 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah, lalu tumbuk hingga halus. Bungkuslah hasil tumbukan dengan daun pisang, selanjutnya bakar beberapa saat. Selanjutnya balurkan ramuan ini ke bagian perut.


PRODUK HERBAL : Instan Kencur

KHASIAT KECUBUNG

Berikut ini beberapa khasiat daun kecubung (Datura metel) dalam pengobatan.

1. Rematik

Sediakan 14 lembar daun kecubung segar lalu rajang, dan jemur. bila sudah kering, tambahkan 10 sdm minyak kelapa. Simpan selama 3 hari, selanjutnya peras, dan pisahkan minyaknya. Hangatkan minyak tersebut dan gosokkan kebagian yang terkena rematik.

2. Bisul

Ambil 5 lembar daun kecubung, lalu rajang dan tumbuk halus. setelah itu, tempelkan bubuk kecubung ke bisul agar segera matang.

3. Sakit Pinggang

Ambil 10 lembar daun kecubung, lalu tumbuk bersama kapur sirih halus dan tempelkan ke pinggang yang sakit. lakukan rutin 2-3 kali sehari hingga pinggang kembali normal.

4. Radang Anak Telinga (Tonjolan di Bagian Depan Saluran Telinga)

Sediakan 10 lembar daun kecubung dan 2 sdm minyak kelapa. cuci bersih daun kecubung, lantas giling halus. remas gilingan daun dengan minyak kelapa yang telah dihangatkan. Peras dan saring. selanjutnya teteskan minyak perasan tersebut pada anak telinga yang sakit. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing 5 tetes.

5. Ketombe

Siapkan 7 lembar daun kecubung kering dan 5 sdm minyak kelapa. Masukan daun kecubung dan minyak kelapa kedalam botol, lalu tutup. Jemurlah dibawah terik matahari selama seminggu. Selanjutnya, oleskan minyak tersebut pada kulit kepala 2 kali sehari, pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari sampai ketombe hilang.

KHASIAT KANGKUNG

Berikut ini beberapa kegunaan kangkung (Ipomoea sp.) dalam pengobatan alternative

1. Wasir

Ambil akar kangkung sebanyak 3 gengam, cuci, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal separonya. Saring setelah dingin dan minum 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

2. Bisul

Cuci 20 lembar daun kangkung, lalu masukan. beri air garam secukupnya. kompreskan pada bisul, lalu balut. lakukan 2 kali sehari.

3. Cacar Air

Sediakan ½ genggam akar kangkung yang dicuci bersih dan 2 gelas air. Masukkan akar kangkung kedalam air, lalu rebus hingga airnya tersisa ¾ bagian. Setelah dingin air disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

4. Frambusia (Patek/Paru)

Penyakit yang menyerang kulit ini dinamakan frambusia karena bentuk dari segala yang ditimbulkan mirip dengan buah frambos. Penyakit yang banyak terjadi ditempat-tempat yang sukar mendapatkan air bersih ini mudah menular. Untuk mengobatinya, sediakan ¾ akar kangkung, cuci bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Biarkan mendidih dan airnya tinggal ¾ bagian. Setelah dingin, saring, lalu minum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

5. Ketombe

Ambil daun kangkung segar secukupnya, lalu rendam dalam air semalam hingga airnya tampak kebiruan. Bisa juga kangkung diremas-remas terlebih dahulu sebelum direndam. air inilah yang digunakan untuk keramas keesok harinya.

6. Melancarkan Air Seni.

Siapkan 1 genggam akar kangkung, cuci bersih, dan rebus dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tinggal separuhnya. Jika sudah dingin disaring, lalu diminum sekaligus 1 kali sehari

7. Mengurangi Haid.

Ambil 500 gram daun kangkung segar, beri sedikit air, lalu gerus sampai halus. Setelah itu saring dan tambahkan 1sdm madu. Minum ramuan tersebut 1 kali sehari dan ulangi salama 6 hari atau sampai sembuh.

8. Mimisan.

Ambil 1 ikat kecil daun kangkung segar, cuci bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit gula, lalu seduh dengan air panas. Jika sudah dingin, saring, dan minum 2 kali sehari.

9. Pusing Sebelah.

Sediakan segenggam daun kangkung, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air secukupnya dan sedikit garam, lalu saring dan tambahkan madu. Ramuan tersebut diminum 1 kali sehari.

10. Sakit Gigi

Dapatkan 1 genggam akar kangkung, lalu tambahkan ½ sdt cuka. Rebus dengan 1 gelas air. Setelah dingin, saring dan gunakan airnya untuk kumur.

11. Sariawan

Daun kangkung secukupnya dicuci, dilumatkan, dan ditambah 1 gelas air dan sedikit garam. Selanjutnya, diperas dan disaring, dan airnya digunakan untuk kumur.

12. Sembelit

Ambil ½ genggam daun kangkung segar, cuci bersih, lalu kukus sebentar. Daun kangkung kukus ini dapat langsung dimakan sebagai kuluban. Lakukan 2 kali sehari.

13. Susah Tidur

Sediakan 1 genggam batang dan daun kangkung, lalu tumis. Tumisan kangkung dapat dimakan bersama-sama dengan nasi. Lakukan 2 kali sehari.

14. Urat Saraf Lemah (Neurasthenia)

Siapkan 1/3 genggam daun kangkung, 1/4 genggam batang kangkung dan ¼ genggam akar kangkung setelah dicuci, semua bahan ditumbuk sampai halus. Tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sdm madu. Saring dan air perasannya diminum. lakukan 3 kali sehari.